[Swatches & Review] Make Over Cliquematte Lip Stylo

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 72248 views

Hello!

Back again with me, doing another review! Bukan review biasa, ini review tentang satu produk yang lagi banyak di-rave sama para pecinta lipstik lokal. Disaat banyak banget brands yang ngeluarin lipstik di tahun ini, Make Over Indonesia, salah satu leading brand in Indonesian beauty industry, baru aja merilis satu produk lip decorative yang punya konsep unik dan berbeda dari produk lipstik kebanyakan. Namanya Cliquematte Lip Stylo, atau bisa kita persingkat sebagai ‘Cliquematte’ aja.

Apa sih yang membedakan produk ini dari produk-produk lipstik yang lain?

Honestly menurutku konsep produk seperti Cliquematte ini mirip sama konsep NYX Super Cliquey (including the name? Clique? Cliquey? haha), produk Super Cliquey ini muncul di akhir tahun lalu (tapi entah udah masuk Indonesia apa belum). Nah, untuk versi lokalnya, kayaknya baru Make Over Cliquematte ini yang pertama (please correct me if I’m wrong in the comment section below). Bentuk produk ini mirip spidol yang ramping dan panjang, dan cara kerjanya mirip pensil mekanik. Untuk mengeluarkan lipstiknya, kamu perlu ‘klik’ pusher di bagian bawah sampai akhirnya lipstik keluar. Akan ada suara pegas ‘klik’ setiap kali kamu tekan pusher-nya.

Fair Warning: Ketika klik pusher-nya, selalu hati-hati ya. Jangan sampai ngelamun terus jadi kebanyakan produk yang keluar. Setelah lipstik keluar, gak ada cara untuk masukinnya lagi. (gak bisa diputar, gak bisa di-push back). So, cukup klik sesuai kebutuhan aja.

Nah, hal lain yang aku sukai dari produk ini adalah desainnya yang modern minimalis. Warna yang dipakai juga warna Make Over banget, hitam dan putih (untuk warna-warna tulisan di badan container lipstiknya). Hanya saja produk ini terkesan lebih fun, karena ada detail garis-garis berwarna yang disesuaikan dengan warna-warna asli lipstiknya walaupun menurutku warna garis-garisnya ini terlalu muda. So better try the product first supaya gak salah beli warna yang kamu inginkan yaa..

Untuk ujung lipstiknya sendiri dibuat mirip Make Over Ultra Hi-Matte Lipstick, yaitu pipih dan miring. Berbeda dengan Ultra Hi Matte Lipstick, Cliquematte gak mudah patah. Mungkin pengaruh dari packaging?

Selain packaging, formula produk ini pun berbeda dari produk-produk Make Over lainnya. Kenapa bisa ngomong kayak gini? Karena aku udah review seluruh produk lipstiknya Make Over. Kalau kalian mau baca, ini links-nya:

Formula

Cliquematte punya formula yang lebih terasa powdery, alias gak akan terasa ‘basah’ di bibir. Formulanya juga sangat ringan, so I can assure you this one can be included in the most lightweight classic lipstick ever. Warna-warnanya less opaque (enggak bener-bener vibrant — warna-warnanya punya hasil akhir soft), tapi produk ini mampu menutupi warna asli bibir dengan baik sehingga hasil akhirnya terlihat lebih natural. Nah, untuk finish Cliquematte sesuai namanya: matte, udah matte dari awal diaplikasikan jadi gak perlu nunggu ‘settle‘ dulu produknya di bibir.

Oh ya, untuk yang seneng aplikasi lipstik ombre atau two-toned, formulanya Cliquematte ini enak banget buat dibaur. Lebih terasa efek soft focus-nya di bibir karena proses pencampuran warnanya pun gak susah. Belum lagi kalian bisa baurkan warnanya dengan hanya menggunakan jari, it’s so simple, really! And less messy!

What I really like about this product is how practical it is! Saking praktisnya produk ini, kalian bisa bawa-bawa produknya 3 atau lebih sekaligus. Kalau perlu touch-up, tinggal klik sekali-dua kali, apply, lalu tinggal cus pergi. So easy! Cocok banget buat yang mobile (aktif), yang doyan makan (kayak aku), dan yang suka tampilan bibir natural.

Another good thing about Cliquematte is… this product doesn’t dry up your lips. Walaupun perlu banget touch-up tiap beberapa jam, selama seharian gak ada deh rasa kering apalagi pecah-pecah. One thing you really need to do: aplikasikan produk ini diatas bibir yang gak kering karena produk ini bisa nempel dengan baik diatas bibir yang lembab. So, always exfoliate your lips prior to the application. Kalau produk ini diaplikasikan diatas bibir kering, maka garis-garis bibir keringnya akan keliatan terutama untuk pilihan warna-warna yang muda.

Scent

Untuk wanginya sendiri, thank God produk ini gak punya wangi sama sekali.

Staying Power & Performance

Sekarang kita bicara soal performanya. Menurutku Cliquematte ini gak bisa dipakai berjam-jam seperti seri Ultra Hi-Matte ataupun Intense Matte Lip Cream. Produk ini cuma bisa tahan sampai 5-6 jam, dan perlu banget touch up apalagi kalau dipakai makan.

Shades

CRUSH • Nude Peach  — Crush, surprisingly, gak terlihat pucat di kulit medium-warmku. Warna ini cocok sebagai base kalau kalian seneng bikin ombre lip look.
FLAMINGO • Nude Pink — Honestly I don’t really like this color karena pink-nya terlalu muda untuk seleraku, but if you like nude pink so this can be your new favorite.
HOLLYWOOD • Peach-Brown — my favorite! Warna Hollywood ini sebenernya warna peach tapi warm karena ada campuran coklat di dalamnya. Gak terlalu terang, gak gelap juga. Warna Hollywood adalah warna MLBB (my lips but better) buatku.
ECLAIR • Medium brown — di aku, warna eclair jatohnya seperti coklat-pink (karena nyampur dengan warna dasar bibir, jadinya warnanya gak terlalu keliatan coklat).
JETSETTER • Medium Pink — Kayaknya warna Jetsetter ini bakal jadi warna favorit para pecinta mauve-pink. Warna ini cocok untuk kulit tan sekalipun, karena gak terlalu terang dan gak terlalu gelap juga.
GRANDIOSE • Bright Fuchsia Pink — Another favorite of mine! Warnanya bright fuchsia, tapi gak terlalu bright. Karena hasilnya akan jadi natural setelah diaplikasikan di bibir, tapi efek ‘segar’ dari warnanya tetep ada. Recommended!
SPOTLIGHT • True Red — Untuk pecinta warna merah, warna Spotlight ini adalah warna merah yang universal banget. Warnanya juga gak terlalu ‘menor’ kalau udah diaplikasikan di bibir.
LADY BOSS • Maroon Red — Kalau disuruh milih antara Lady Boss atau Spotlight, aku lebih suka Lady Boss. Warnanya cocok untuk second color kalau kalian suka ombre lips look, atau dipakai sendiri juga oke banget. Walaupun kalau dilihat warna ini seperti vampy, tapi in real life warna Lady Boss ini sangat wearable untuk sehari-hari dan gak terlalu ‘tua’ juga.

 Price & Where to Buy

Harga official: 110,000 / shade

So guys, which one would you like to try? Saat ini produk Cliquematte baru dijual secara eksklusif di LAZADA dengan diskon. Kalian bisa kunjungi situs LAZADA lalu search produknya, atau klik disini.

Selamat mencoba!

Swatches

Lippierating

 

More Reviews You'll Love

1 comment

Ayu Lestari June 7, 2018 - 2:39 am

Lumayan pricey ya ampunn. Tapi gila sih kakk ini mahh, baru lihat swatch-nya aja udah bisa bikin jatuh cinta. Pokoknya mahh kl udh rekomendasi dr Lippielust bagus hajarr aja beli wkkwk

Reply

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.