[Swatches & Review] Make Over Melted Metallic Lip Cream

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 25980 views

Hello, hello, hello!

Hari ini perdana nge-review lagi setelah sebulan lebih lamanya gak ngepost apapun di blog! Ada banyak banget produk lokal dan juga internasional yang lagi dipersiapkan untuk di-swatch dan review, salah satunya pendatang baru dari Make Over ini: Melted Metallic Lip Cream!

Produk ini masih fresh from the oven banget, semacam baru Lippielust gitu deh yang nge-swatch :p so, thank you so much Make Over Indonesia yang udah kasih kesempatan buat Lippielust untuk  first look-nya Melted Metallic Lip Cream. Walaupun begitu, blog post ini tidak disponsori sama sekali oleh pihak Make Over, semua isinya adalah murni pendapat dan pandangan Lippielust sendiri. I always deliver honest review to you guys! 😉

Sebelum masuk ke sesi reviewnya, kalian bisa cek swatchesnya di Instagramku, disini dan disini.

Dan untuk yang mau baca review produk-produk lipstik dari Make Over lainnya, kalian bisa cek link di bawah ini:

Gimana, udah siap baca reviewnya ‘the new bae’ punya Make Over ini?

The Look & Story

Kalau dari tampilan, sama seperti produk-produk Make Over lainnya denan gaya all black, Make Over Melted Metallic Lip Cream ini punya desain yang mirip-mirip Cliquematte Lip Stylo. Bedanya Make Over Melted Metallic Lip Cream pakai matte finish untuk botolnya sedangkan Cliquematte lebih glossy. Ingat bukan lipstick finish-nya ya, tapi container (wadah) lipstiknya. Kedua produk ini sama-sama punya ‘tanda’ warna di bagian leher container-nya yang menunjukkan warna di dalamnya.

Baik Make Over Melted Metallic Lip Cream maupun Cliquematte Lip Stylo sama-sama diproduksi di China. Sebenernya bukan dua produk ini aja, produk eyeliner Make Over yang jadi holy-grailku saat ini: Hyperblack Superstay Liner pun diproduksi di China sana. Surprised? Me, not really. Make Over ada di bawah naungan PT. Paragon Innovation & Technology yang biasanya produksi produknya sendiri, udah beberapa kali mereka private labelling ke manufacturer kosmetik di China, salah satunya Shanghai Beukay Cosmetics Co. Ltd. (Cliquematte dan Hyperblack Superstay Liner). Perusahaan ini bukan perusahaan biasa, Beukay Cosmetics Co. Ltd. merupakan megacompany yang menjadi supplier untuk brandbrand besar yang dimiliki L’Oreal, termasuk NYX, Maybelline, dll. Kali ini, Make Over menyerahkan produksi Melted Metallic Lip Cream ke Zhongshan Fulin Cosmetic Co., Ltd. Perusahaan ini juga menjadi supplier produk-produknya NYX cosmetics (global).

Produk Melted Metallic Lip Cream ini udah terdaftar di BPOM, kalian bisa cek sendiri di produknya dan juga website BPOM-nya ya.

Formula

Formulanya creamy, hampir seperti mousse yang padat. Kalian akan merasa seperti produknya sangat sedikit (this is totally normal karena teksturnya yang bukan liquid) tapi sebetulnya, cukup sedikit aja produk yang diulas udah bisa bikin full coverage di bibir. Sama sih kasusnya seperti lip cream-nya Purbasari. 😉

Karena produk ini menggunakan super fine micro glitters, teksturnya sangat lembut di bibir. Gak ada rasa kasar karena butiran metalik sama sekali. Malah, butiran metaliknya ini sangat kecil jadi gak ada kecenderungan bakalan patchy atau ‘pecah’ ketika produknya mengering di bibir.

One good thing I notice, Melted Metallic Lip Cream ini sama sekali gak bikin kering di bibir. Syaratnya, jangan diaplikasikan di atas bibir super kering apalagi pecah-pecah karena produk gak akan nempel dengan baik. Salah satu hal yang mungkin bisa jadi kelebihan atau kekurangan (tergantung individu) adalah produk ini masih bisa transfer, gak 100% transferproof. Aku pribadi karena suka sama Intense Matte Lip Cream-nya yang notabene gak transferproof, jadi gak ada masalah sama sekali dengan formula seperti ini. Apalagi jika lip cream metalik dibuat transferproof, menurutku malah akan terasa kurang nyaman karena rasanya kering di bibir (true story, beberapa produk transferproof metallic lip cream kalau gak terasa ‘narik-narik’ bibir ya terasa kering).

Pigmentasinya pun sangat oke! Kalian bisa aplikasikan untuk full coverage tanpa membuat tampilan bibir jadi lebih tebal. Finish-nya sendiri lebih natural dibandingkan lipstik-lipstik metalik lainnya. Shine yang dihasilkan enggak lebay, malah seperti creamy lipstick biasa.

Untuk wanginya sendiri, Melted Metallic Lip Cream punya wangi mirip sama Intense Matte Lip Cream-nya. Wangi yang gak ganggu dan bisa hilang pas lipstik udah mulai mengering di bibir.

Aplikatornya sendiri kurang lebih sama dengan seri IMLC yang lumayan berserabut dan ujung lipstiknya dibuat miring di satu sisi untuk aplikasi lipstik yang lebih merata.

Oh ya, sebagai perbandingan, kalau kalian pernah cobain metallic lip cream-nya Rollover Reaction, formula Make Over Melted Metallic Lip Cream ini kurang lebih mirip produk satu ini. Cuma bedanya, Make Over Melted Metallic Lip Cream lebih terasa padat jadi lebih mudah untuk dibuat full coverage.

Staying Power

Nah, sekarang kita ngomongin soal daya tahannya. Sayangnya, daya tahan Melted Metallic Lip Cream ini gak sebagus Intense Matte Lip Cream yang menurutku sih luar biasa tahan lama. Mungkin pengaruh dari formula juga ya. Kalau IMLC lebih vivid warna-warnanya dan lebih terasa ‘tebal’ di bibir, Make Over Melted Metallic Lip Cream ini kebalikannya: sangat ringan dan tipis! Perkiraanku sekitar 6-7 jam tanpa makan dan minum untuk bisa ‘ngerasain’ lunturnya produk ini. Di jam-jam awal, lipstik akan nempel di sedotan atau gelas. Kalau dipakai makan jelas akan luntur ya. 😉

Shades

  • 301 STELLAR — cranberry red (warnanya seperti merah – pink) dengan butiran multi-colored micro glitters
  • 302 FIERY — deep cherry red (merah tua keunguan) dengan butiran multi-colored micro glitters
  • 303 CELESTIAL bronze (coklat metalik) dengan butiran multi-colored micro glitters
  • 304 PRISM — mauve pink (pink keunguan) dengan butiran multi-colored micro glitters

Price

115,000 di Official Store Make Over di Jd.id

Swatches

 Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.