[Review & Swatches] Colourpop Matte Lux Lipstick Vault

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 22854 views

So the other day I’ve been thinking… is there any alternative product for Pat McGrath’s Mattetrance? Yang paling mendekati menurutku adalah Colourpop Cosmetics Matte Lux Lipstick. I know it’s not even the most perfect bullet lipstickbut I also know that Colourpop is a serious brand. Kualitas produk ini gak kalah dari lipstik-lipstik lain sejenis yang dibanderol diatas 10 USD, bahkan menurutku lipstik ini merupakan lipstik affordable yang memang terasa luxurious — baik dari segi desain dan juga formula.
Astrid dari houseofmakeup selalu berbaik hati ngirimin aku produk-produknya Colourpop, baik itu Ultra Mattes / Satins, Limited Edition Collection, maupun Palettes. Masalahnya, aku selalu gak bisa up to date, gak bisa langsung swatch apalagi review karena deadline yang menumpuk. AnywaysI still hope my review would help those who are looking for itSorry for the delay tho!

Without further ado, yuk kita bahas produk Colourpop satu ini.

Packaging

Packaging diatas ini merupakan vault PR Box pertama dari seri Lux Lipstick yang juga dijual sekitar $168, dengan hasil akhir crème (creamy). Nah, yang aku dapatkan adalah seri Lux Lipstick yang punya hasil akhir matte, dan vault set-nya ini berbeda dari vault crème yang simple, hanya dengan warna putih dan rose gold di bagian box.

Isi dari vault set ini ada 12 warna, box-nya pun dibuat lebih berwarna karena vault set ini adalah limited edition dari Birthday collection. Untuk produk satuannya sendiri packaging-nya mengikuti warna box Vault set-nya, yaitu putih dan rose gold.

Sekarang, ngomongin soal tube-nya yuk!

Harganya bisa dibilang terjangkau lah ya untuk ukuran lipstik import. Tapi Colourpop mendesain ‘Lux’ lipstick ini dengan sangat apik. Warna tube-nya rose gold, dengan grafis bintang-bintang di bagian badan dan tutup, juga logo Colourpop di bagian tutupnya. Gak sampe sini aja Colourpop pun memberi grafis emboss bintang-bintang di bagian badan lipstiknya. Yang bikin kaget adalah… lipstik ini gak dibikin dari hard plastic, tapi metal! Kerasa banget deh kesan luxurious-nya. I’m honestly surprised by how delicate this product is.

Formula

Karena aku dapat seri Lux Lipstick matte, maka aku hanya akan bahas formula matte-nya aja. Simak claim dari Colourpop dibawah ini tentang Matte Lux Lipstick:

This full coverage matte lipstick is packed full of the finest pigments to give you long wearing, true color in all the shades. The velvet matte finish is comfortable and non-drying, while soft blurring pigments lessen the look of fine lines. Enriched with Pomegranate, Goji Fruit, and Green Seed extracts to protect your lips from environmental stressors and premature aging.

Sebenernya dari klaim diatas kita udah bisa tau bagaimana finish-nya: velvet matteJadi bukan matte yang sama sekali gak menyerap cahaya ya, tapi lebih ke arah lipstik comfort matte (kalau Urban Decay), yang masih nyaman banget dipakai karena terasa creamy di bibir tapi gak se-mengkilat lipstik yang punya hasil akhir creamy.

Colourpop Matte Lux Lipstick memiliki bahan baku unggulan, yaitu ekstrak Pomegranate, Goji Fruit, dan Green Seed  yang melindungi bibir dari ‘environmental stressors’ — bisa jadi polusi dan kelembaban udara yang gampang bikin bibir kering, dan juga dari penuaan dini.

Formulanya sangat creamy, gampang sekali diulas dari pas pertama kali lipstik dicoba. Pigmentasinya pun juara! Gak perlu banyak aplikasi untuk full coverage. Jujur deh, aku langsung inget salah satu lipstik favoritku dari Pat McGrath (Mattetrance) yang kurang lebih sama-sama mudah diaplikasikan dan sama-sama nyaman dipakai. Tapi kalau dibandingkan dengan Mattetrance-nya Pat, jelas menurutku lebih terasa ringan Mattetrance. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh hasil akhir ya, dimana Matte Lux Lipstick dari Colourpop ini lebih ke arah velvety matte dan Mattetrance dari Pat McGrath lebih ke arah matteNevertheless, aku suka sama Colourpop Matte Lux Lipstick ini dengan pertimbangan variasi warna dan juga harga tentunya.

Ada gak sih yang gak aku suka dari produk ini? Warna-warna super terangnya seperti Trapeze dan Check, Please bakal sangat bagus di kulit fair, kalau bahasa Sunda-nya sih bakalan bikin ‘mencrang’ banget tapi sepertinya di aku gak cocok. Berbeda dengan Maxed Out yang surprisingly sangat indah dilihat di bibirku, Trapeze dan Check, Please ini terlalu terang di kulit mediumku dan cenderung terlihat kering di bibir yang punya garis-garis super banyak kayak aku (padahal aslinya sih gak kering juga), cuma mungkin karena warnanya yang super terang tadi makanya warnanya bisa mengaksentuasi garis bibir jadi keliatan lebih jelas.

Oh ya, selain itu warna-warna vivid-nya lumayan keliatan kurang bagus pas lagi luntur, soalnya kalau kalian sama denganku, yang produksi air liurnya banyak (hahaha), lipstik ini akan luntur di bagian dalam bibir duluan. Jadi siap-siap aja untuk retouch ya!

Shades

  • NAME DROP – baby pink (cool-toned pink, bagus untuk kulit fair)
  • THIRD EYE – mid-tone pinky beige (warna nude yang cantik di kulit fair)
  • BIG BREAK – light blue-pink (fair-medium nude color)
  • PAPARAZZI – warm rose (kalau mau cari warna unik, pakai Paparazzi. Di kulit medium seperti aku warna ini terlihat lebih ke arah coral pink yang cantik. Jangan tertipu sama foto produk Paparazzi di web-nya Colourpop yang terlihat kalem ya, aslinya warna ini cukup bright!)
  • MONEY MOVES – muted terracotta (❤️) Ini favoritku! Warnanya cocok banget di kulitku dan gak terlihat ashy, malah warna terracotta-nya keluar dengan baik)
  • LITTLE LEAGUE – cool mauve. Warna ini cakep juga! Walaupun judulnya ‘cool mauve’, tapi di aku terlihat lebih warm, kok. Warna ini warna medium ya, gak terang tapi gak gelap juga.
  • CHECK, PLEASE – orange-yellow. SUPA BRIGHTTT! Ini serius deh, terang banget! Cocok buat kalian pecinta warna orange ala-ala Korea (but not me unfortunately).
  • TRAPEZE – nah, dibandingkan Check, Please, kayaknya aku lebih condong ke Trapeze. Warnanya merah-oranye, jadi udah pasti terang tapi masih agak kalem dibandingkan Check, Please.
  • HI STRIKER – blue red (❤️). Pecinta warna blue-based red mana suaranyaaa? Ini warna merah yang cantik banget. Walaupun warna kayak gini udah banyak dan kayaknya tiap brand punya, tapi tetep bakalan aku jadiin favorit! Hehehe..
  • MAXED OUT – vibrant fuchsia (❤️). Sesuai namanya ‘vibrant’, warnanya memang vibrant. Tapi warna ini sangat universal, warnanya bakalan masuk di jenis kulit apapun: mau fair, medium, tan, semuanya!
  • MIND TRICK – brick red (❤️). Another favorite of mine. Gak perlu penjelasan lagi, aku emang suka warna brick red. Hehehe
  • SASHAY – deep burgundy. Cocok untuk kalian geng terong, si penyuka warna-warna ungu terong! hehehe.. Walaupun gak se-cool-toned terong (masih ada merahnya), warna ini cocok buat kamu yang mau tampil beda.

Staying Power

5-7 jam, tanpa makan ya! Kalau dipakai minum masih oke lah… Tapi sesuai pengalamanku, pemakaian lipstik dengan creamy-formula seperti ini emang akan terasa nyaman bukan di jam-jam awal, malah di jam-jam tengah menuju akhir setelah layer-nya berkurang.

Price & Where to Buy

Matte Lux Lipstick Vault: $84 (sekitar 1jutaan di website Colourpop)

Matte Lux Lipstick (singles): $7 (130ribuan di websitenya HouseofMakeup)

Swatches

Lippierating

 

 

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.