[Swatches & REview] Goban Cosmetics Satin Lip Gloss

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 20280 views

Satin Lip Gloss, sesuai namanya, adalah produk dengan formula glossy namun gak ‘terasa’ seperti lip gloss. Sebelum GOBAN Satin Lip Gloss ini, ada BLP Beauty Lip Glaze yang formulanya terasa mirip. Lip gloss dengan formula non-sticky, wet gloss ini sepertinya lagi nge-trend banget, bersamaan dengan trend wet look. Penasaran seperti apa sih formulanya?

Baca Juga:

Ingredients

Sayangnya, tidak ada keterangan ingredients di situs resmi Goban Cosmetics untuk setiap warnanya. Tetapi, ingredients serta keterangan lain mengenai produk ini ditulis lengkap di boxnya. Ini adalah ingredients list yang Lippielust tuliskan dari salah satu warnanya Flower Bomb:

Isododecane, Castor (Ricinus Communis) Oil, Beeswax, Ozokerite, Silica Dimethyl Silylate, Dextrin Palmitate, Flavor, Nylon-12, Silicone Dioxide Hydrate, Phenoxyethanol, Squalane, VP/Hexadecene Copolymer, Octyldodecanol, BHT, Tocopherol, Ethylhexylglycerin, Alumunium Hydroxide, Dimethicone/Methicone Copolymer.
May Contain: CI 77891, CI 19140:1, CI 15850:2, CI 77491, CI 77492, CI 77499, CI 77007, CI 45380, CI 15985:1

Shades

GOBAN Satin Lip Gloss saat ini memiliki 3 pilihan warna:

  • FLOWER BOMB | sheer pink gloss with gold glitter. Glitternya gak ‘overkill’, jadi efek wet look-nya masih dapet banget tanpa terlihat terlalu shiny.
  • BUTTERFLY | Warm reddish pink. Warnanya fresh dan termasuk warna MLBB, cocok untuk daily use.
  • DAYDREAMING | Medium mauve pink. Warna Daydreaming ini terlihat lebih gelap 2 tingkat dibawah Butterfly, dan terlihat lebih keunguan dibandingkan Butterfly.

Untuk warna, GOBAN Satin Lip Gloss punya dua jenis: sheer & glittery gloss, juga intense color gloss. Warna FLOWER BOMB merupakan sheer / translucent & glittery gloss yang cocok untuk diaplikasikan diatas lipstik lain (biasanya matte liquid lipstick atau lip tint) atau malah diatas bare lips, karena produk ini memiliki warna pink lembut yang juga cocok untuk memberikan efek warna bibir yang natural & fresh. FLOWER BOMB memiliki kandungan gold glitter yang tidak terlalu banyak, untuk menambah kesan shiny tapi gak berlebihan.

Selain itu, ada dua warna Intense color gloss: DAYDREAMING & BUTTERFLY. Nama-namanya sama seperti produk yang pertama dirilis GOBAN: Melted Matte Lip. Warnanya juga kurang lebih sama, hanya saja menurutku untuk versi Satin Lip Gloss-nya, GOBAN membuat kedua warna ini jadi lebih ‘deep’ dibandingkan warna-warna dalam seri Melted Matte Lip.

Formula

A gloss with extra comfort and a slight hint of pretty pigment. Its non sticky formula is simply comfortable and suits any occasion. Equipped with vitamin E, to not only makes it healthy on the outside, but also inside. Flashes bouncy lips in the morning and restore freshness in the middle of the day. It has several shade choice for you to wear on its own, or layering on top of your favorite lip products. – GOBAN Cosmetics’ claims on Satin Lip Gloss

Formula GOBAN Satin Lip Gloss ini lebih terasa ‘cair’ dibandingkan dengan classic gloss kebanyakan. Berbeda dari lip gloss biasa, produk Satin Lip Gloss dari GOBAN ini gak terasa lengket sama sekali di bibir walaupun tetap, kalau kena rambut ya nempel juga karena sifatnya yang basah. Dalam proses aplikasi, produk ini sangat mudah diaplikasikan diatas bibir. Warnanya bisa merata dengan baik, thanks to the intense color and lightweight formula.

Salah satu hal yang aku suka dari produk ini adalah: walaupun teksturnya cair, jauh lebih cair dibandingkan lip gloss kebanyakan, GOBAN Satin Lip Gloss ini enggak bleeding atau meluber ke bagian sekitar bibir. Dengan kata lain, produk ini bisa stay di bibir dengan baik. Nempel di gelas? Di sendok? Udah pasti. Namanya juga non-transferproof lip color ya wajar aja kalau menempel dimana-mana. 😉

Untuk aromanya, produk ini memiliki wangi seperti coklat yang lumayan overwhelming. I think it would be nicer if they tone it down a bit, karena produk ini gak settle jadi transferproof maka wanginya pun lumayan stay cukup lama di bibir.

Perlu diingat, produk ini termasuk dalam ‘kelas’ lip gloss yang artinya akan menghasilkan kilau (shine). Tapi kalian bisa atur juga intensitas warnanya, kok. Kalau kalian suka sama formulanya tapi gak mau dapatkan hasil akhir yang terlalu shiny, kalian bisa aplikasikan tipis-tipis aja. One dip can cover the lips very well! Satu kali celup aja udah bisa untuk full coverage. Khusus untuk DAYDREAMING dan BUTTERFLY, kalau diaplikasikan tipis gitu, apakah warnanya juga akan sheer? Jawabannya: enggak sama sekali

Selain mengurangi shine, single layer application juga bisa mengubah hasil akhir produknya di bibir. Rasanya akan seperti creamy lipstick dengan intensitas warna yang gak terlalu bold.

Staying Power

Produk ini memiliki performa yang kurang lebih sama seperti lip gloss kebanyakan, sekitar 6-7 jam tanpa makan.

Where to Buy

Satin Lip Gloss bisa dibeli di GOBAN COSMETICS website, dengan harga Rp. 120,000,- untuk 4,5gr produk.

Goban Satin Lip Gloss Vs BLP Beauty Lip Glaze

Secara kasat mata, gak ada perbedaan diantara kedua produk ini. Sama-sama lip gloss cair, sama-sama punya 1 warna sheer, dan beberapa warna dengan high intense pigment. Tapi kalau dilihat dari ingredients list-nya, kedua produk ini memiliki komposisi yang benar-benar berbeda. I’m so amazed (and confused at the same time) with this. Kok bisa ya?

Nah… perbedaannya ada di saat setelah pemakaian. GOBAN Satin Lip Gloss terasa lebih ‘basah’ dibandingkan BLP Lip Glaze, dan BLP Lip Glaze terasa lebih ringan dipakai. Menurutku, hal ini berhubungan dengan bentuk aplikatornya dimana GOBAN Satin Lip Gloss memiliki aplikator yang menurutku jauh lebih nyaman digunakan dengan bentuk bantalan aplikator yang cukup luas, pipih, dan fleksibel sedangkan BLP Lip Glaze memiliki aplikator dengan bantalan seperti liquid lipstik lain yang pipih di bagian ujungnya saja.

Karena bentuk aplikator GOBAN Satin Lip Gloss ini mampu menampung produk dengan baik, maka ketika proses aplikasi warna yang diulas di bibir pun otomatis akan lebih banyak. Maka dari itu, akan terasa lebih basah di awal-awal pemakaian.

Anyways, this is what I feel. Rasanya bisa aja berbeda untuk kalian, jadi menurutku ada baiknya untuk dicoba sendiri dan tentukan produk yang mana yang menurut kalian lebih baik. 😉

Oh ya, ada satu info lagi untuk bahan perbandingan pribadi antara kedua produk ini:

GOBAN Satin Lip Gloss diproduksi oleh PT. Continental Cosmetics (Bandung) sedangkan BLP BEAUTY Lip Glaze diproduksi oleh PT. LF Beauty Manufacturing Indonesia (Jakarta Timur).

Swatches

Lippierating

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.