[Swatches & Review] Implora Cheek & Lip Tint

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 15367 views

Sebagai pecinta lipstik, pernah gak sih kamu meragukan suatu brand karena harga produk yang dijual sangat murah dan banyak banget resellernya? Kalau belajar dari pengalaman, di tahun 2014 lalu mulai booming produk China yang dijual dengan harga 10,000-an itu udah curiga banget (termasuk aku haha). Aman gak nih produknya? Bahan-bahannya dari apa? Setelah banyak riset (hey thanks, Google!) akhirnya aku sadar, kalau produk murah bukan berarti produksinya asal-asalan. Salah satu faktor penting yang perlu kita ketahui adalah mungkin aja produksinya skala besar dan meminimalisasi aspek lain, seperti misalnya pembelian sources (botol, bahan baku, dll) dan juga promosi.

If you take a look closely, IMPLORA Cosmetics bukanlah brand lokal yang baru muncul dan booming di Indonesia karena harganya yang murah. IMPLORA udah eksis sejak tahun 2004, tapi memang baru benar-benar dikenal luas sekitar 3 tahun lalu. Sebelum cobain produk-produknya IMPLORA, banyak banget yang merasa ragu akan kualitasnya karena harganya dicap ‘terlalu murah’. Memang standarnya harus gimana?

About the Product

Nama Produk IMPLORA CHEEK & LIP TINT
Diproduksi oleh PT. IMPLORA SUKSES ABADI
Berat Bersih 5,5gr
Harga 21,000 (MSRP)
Jumlah Warna 6 Warna
Pembelian Online (Shopee, Tokopedia, dan Lazada Mall), dan juga offline

IMPLORA Cheek & Lip Tint adalah produk liquid kedua setelah URBAN Lip Cream Matte. Sama seperti URBAN Lip Cream Matte, aku baru berkesempatan untuk cobain produk ini sekitar sebulan yang lalu.

Packaging & Ingredients

Ngomongin soal packaging-nya, jelas packaging model seperti ini udah banyak banget dipakai baik oleh brand lokal maupun internasional, sehingga menurutku tipe botol yang dimiliki IMPLORA Cheek & Lip Tint ini bukan aspek terbaik dari produknya. Memang sah-sah aja karena botol kosong dengan model es krim ini banyak dijual di Alibaba, tapi menurutku packaging seperti ini udah banyak yang pakai, sehingga terkesan gak istimewa lagi.

But, who am I kidding! Harganya 21,000,- aja dan rasanya berlebihan deh kalau kita pengen packagingnya 100% harus beda dari brand lain. Seperti yang aku bilang, banyak aspek yang perlu dipertaruhkan termasuk ketika memilih packaging yang cocok (dan cantik of course) dengan tipe produk tapi gak mempertaruhkan kualitas produk itu sendiri.

Anyways, botolnya berbentuk seperti es krim mini dengan nama logo dan nama produk di bagian depan serta nama shade di bagian belakang. Botolnya gak memiliki stiker tapi masih memuat atau tanda Manufacture Code dan juga Expiry Date di bagian pinggirnya. Bagian leher botol berwarna-warni, seperti pink, hijau, orange, biru, dan merah. Aplikatornya berbentuk seperti batang es krim dengan tulisan IMPLORA.

Untuk box-nya IMPLORA menggunakan box kecil dengan gagang / tutup botol dibiarkan keluar. Nah, boxnya inilah yang menurutku cantik banget! Selain setiap warna punya desainnya masing-masing sesuai dengan nama shade di dalamnya, box-nya pun memiliki lubang di bagian depan sehingga kita bisa lihat nama produk dan juga warna shade-nya.

Di bagian belakang box berisi Ingredients List, nomor BPOM, QR Code, Net weight, dan juga nama produsen. Oh ya, dari keenam warna IMPLORA Cheek & Lip Tint ini warna terakhir (06 PUMPKIN) memiliki ingredients yang cukup berbeda. Aku sendiri gak tau apakah memang ada perbedaan atau ada pembaruan. Nanti akan aku bahas di bawah ya!

Ingredients Nomor 01-05

Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Sorbitol, Polysorbate 80, Bis-peg-15 Methyl Ether Dimethicone, Plukenetia Volubilis Seed Oil, Polyisobutene, Acrylates Copolymer, Glyceryl Polyacrylate, Triethanolamine, Flavor, Xanthan Gum, Metylparaben, Propylparaben, Tetrasodium EDTA, Ascorbyl Glucoside

Ingredients Nomor 06

Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Sorbitol, Polysorbate 80, Bis-peg-15 Methyl Ether Dimethicone, Plukenetia Volubilis Seed Oil, Polyisobutene, Acrylates Copolymer, Glyceryl Polyacrylate, Triethanolamine, Flavor, Xanthan Gum, Metylparaben, Propylparaben, Tetrasodium EDTA, Ascorbyl Glucoside, Oleth-10, Polysorbate 60, Aluminium Hydroxide, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Triethoxycaprylylsilane, Phenoxyethanol, Simethicone

Seperti yang udah aku bilang sebelumnya, IMPLORA Cheek & Lip Tint nomor 6 memiliki ingredients list yang berbeda dari 5 warna sebelumnya. Untuk warna nomor 06 (PUMPKIN), IMPLORA menambahkan Oleth-10, Polysorbate 60, Aluminium Hydroxide, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Triethoxycaprylylsilane, Phenoxyethanol, Simethicone. Sekali lagi, aku gak tau apakah ini memang ada perbedaan atau pembaruan formula karena menurutku gak ada perbedaan berarti dari segi formula, tekstur, maupun rasanya.

IMPLORA Cheek & Lip Tint is Sulfate-Free, Alcohol-Free, Silicone-Free, and BPOM Registered.

Hero Ingredients: Vitamin C & Omega 3,6,9.

Kayaknya ini baru pertama kalinya aku menemukan produk bibir yang mengandung Omega 3,6,9. Fungsinya adalah sebagai pelindung bibir dari kerusakan akibat UVA dan UVB, moisturizer yang cukup poten, dan juga anti-aging. Vitamin C di dalam produk ini juga berfungsi untuk mengurangi hiperpigmentasi kulit bibir yang gelap.

Formula, Texture, Finish

IMPLORA Cheek & Lip Tint, sesuai namanya, adalah produk dwifungsi yang bisa dipakai di area bibir dan juga pipi. Karena berbahan dasar air, maka teksturnya pun terasa cair dan bisa dengan mudah menyebar ketika diaplikasikan. Produk ini punya pigmentasi yang baik untuk sekelas lip tint walaupun warna-warnanya cukup mirip tapi jika diaplikasikan secara full coverage kita bisa lihat perbedaannya.

Karena teksturnya yang cair, ada kemungkinan produk akan sedikit menempel di gigi dan / atau tertelan. Ketika foto swatch lip tint ini bisa nempel di behelku dan untungnya gak jadi masalah karena produk yang punya wangi dan ‘rasa’ segar stroberi ini aman jika gak sengaja tertelan dan gak akan terasa pahit sama sekali.

Produk ini transferproof dan setelah kurang lebih semenit bisa langsung nge-set di bibir. Setelah beberapa jam stainnya bisa tinggal dengan baik, tetap terasa moist di bibir tanpa ada rasa kering sama sekali. Oh ya, jika kamu ingin aplikasikan secara ombre, aku sarankan agar mengurangi warna yang ada di bantalan aplikatornya karena menurut pengalamanku warnanya bisa untuk satu aplikasi penuh dan itupun bisa langsung merata di bibir.

Staying Power & Performance

Seperti biasa, keunggulan lip tint adalah daya tahannya! IMPLORA Cheek & Lip Tint bisa tahan sampai sekitar 8-9 jam di atas bare lips. Lip tint tends to sit much stronger on bare lips, karena meresap langsung di kulit. Kalau kamu lebih suka mengaplikasikannya di atas foundationconcealer, atau lipstik lain, aku rasa stain-nya gak akan tahan begitu lama.

Hal yang sama berlaku jika kamu aplikasikan di atas pipi tanpa makeup (bare face), warnanya akan tahan lebih lama dibandingkan jika diaplikasikan di atas foundation / bedak. ?

BTW produk ini gak terasa seperti ‘kerak’ di bibir setelah beberapa jam dipakai walaupun tanpa lip balm sebelum pemakaian. Mungkin inilah salah satu faktor yang bikin kenapa produk ini banyak ‘fans’-nya, karena memang terasa nyaman dan ringan di bibir.

 Shades

  • 01 VAMPIRE BLOOD (grape purple – warna paling gelap)⁣
  • 02 CHERRY BOMB (blue based red – versi lebih gelapnya 04 Red Wine)⁣ ❤️
  • 03 CANDY APPLE (orange based red)⁣ ❤️
  • 04 RED WINE (blue based red – versi lebih terangnya 02 Cherry Bomb)⁣ ❤️
  • 05 CRANBERRY (deep pink)⁣
  • 06 PUMPKIN (orange)⁣
Warna Pilihan Lippielust (Favorit):

02 Cherry Bomb, 03 Candy Apple, 04 Red Wine. Red tints are the best! ❤️

Swatches

Where to Buy

Produk ini tersedia di semua toko online maupun offline yang menjual produk-produk IMPLORA Cosmetics dengan harga 21,000,- (MSRP). Kalau mau beli di toko resminya, kamu bisa kunjungi Official Online Store of IMPLORA di Shopee, Tokopedia, dan Lazada Mall.

Lippierating

More Reviews You'll Love

2 comments

Rezi April 13, 2021 - 8:59 pm

Ini halal gak mbak.? Karna gak ada logo halal dari MUI di packagingnya. Jadi ragu.

Reply
Rissa Stellar April 14, 2021 - 10:24 am

Halo, jika dilihat dari daftar bahan bakunya, Implora Cheek & Lip Tint ini tidak mengandung alkohol. Tapi jika dicek di LPPOM MUI, Implora Cheek & Lip Tint tidak terdaftar disana. Walaupun begitu, aku rasa produk ini enggak berarti non-halal ya, hanya saja beberapa brand mungkin tidak mendaftarkannya di LPPOM MUI. So, kembali lagi ke masing-masing individu apakah sudah cukup puas dengan daftar ingredients-nya atau memang perlu ada sertifikasi halalnya juga. 😉

Reply

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.