[Swatches & Review] NEW Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation & Liquid Tint Blush

by Rissa Stellar
609 views

Beberapa hari lalu Make Over Indonesia merilis dua produk untuk seri HYDRASTAY-nya. Untuk kamu yang suka banget sama seri ini, atau lagi cari foundie / blush yang dry skin friendly, kedua produk ini bisa jadi cocok untukmu.

✨ Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation

Formula foundation yang mengandung Deep-Hydrating Actives dan SPF 30/PA+++**. Formulanya mampu menghidrasi secara intens hingga 24 jam*, menghasilkan tampilan akhir healthy-glow yang tahan lama dengan proteksi terhadap polutan radikal bebas akibat kontak berlebih dengan sinar matahari. Foundation medium-buildable coverage dilengkapi dengan Sensorial Enhancer Technology memberikan tekstur watery yang sangat ringan, menghasilkan tampilan halus yang menyatu sempurna ke kulit, menjadikannya mudah untuk menyesuaikan coverage yang diinginkan.

*berdasarkan hasil uji terhadap 43 subjek wanita

** uji invitro

About the Product

Product Name Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation
Produced By PT Paragon Technology and Innovation
Weight 35ml
Price Rp 175.000 (official shop)
SHOP THIS PRODUCT
SHOPEE (OFFICIAL) TOKOPEDIA LAZADA

Product Claim

Untuk para pembaca blog Lippielust pasti udah tau kalau ini bukanlah kali pertama kita review produk foundation-nya Make Over. Sebelumnya Lippielust juga udah pernah me-review Make Over Hydrastay Lite Glow Cushion, produk cushion foundation dari seri yang sama, Hydrastay. Nah, kira-kira apa ya bedanya dengan produk ini – selain tentu aja berbeda jenis produknya? Kita akan bahas selengkapnya di bagian ingredients ya!

Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation menawarkan produk foundie untuk kulit normal dan kering. Produk ini didesain dengan 24-hour hydration effect, atau efek hidrasi selama 24 jam. Selain itu produk ini juga memiliki coverage yang bisa diatur sesuai selera, dengan basic coverage yang medium. Make Over juga mengklaim bahwa produk ini cocok untuk digunakan dalam beberapa lapisan.

Produk ini juga memiliki teknologi ‘water-burst’ dimana foundation-nya bisa dengan mudah diaplikasikan tanpa streaky, juga memberikan rasa fresh dan ringan sehingga bisa menghasilkan efek second-skin alias kayak kulit kedua kita – bahkan jika digunakan berlapis.

Packaging & Design

Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation memiliki packaging mirip dengan produk-produk dalam seri Hydrastay lainnya, lengkap dengan warna dark grey sebagai warna brand Make Over. Di bagian sisi depan box-nya ada garis berwarna biru hologram sebagai penanda bahwa ini adalah produk untuk seri Hydrastay. Masih di bagian depan, Make Over juga menuliskan 3 main claims yang mereka tawarkan melalui produk ini serta berat bersih produk (35ml).

Di sisi kiri terdapat informasi ngredients lengkap dengan pigmen warna yang terkandung di dalamnya.

Di sisi kanan terdapat cara penggunaan produk dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, serta informasi produsen, nomor produksi (batch code) dan tanggal kedaluwarsa (expiry date). Seperti yang bisa kita lihat, produk ini memiliki masa kedaluwarsa sampai 3 tahun.

Di bagian atas box terdapat stiker shade yang cukup besar, dengan warna stiker berisi nama dan nomor shade yang disesuaikan dengan warna shade-nya. Stiker dibuat memanjang sampai bagian belakang box di mana terdapat rekomendasi jenis kulit (Normal to Dry Skin), juga QR Code, barcode, dan nomor BPOM tepat di atas barcode.

Di bagian belakang box terdapat informasi klaim super lengkap dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Oh ya, produk ini juga dilengkapi stiker segel di bagian bawah box untuk menjaga kesegaran dan keaslian produknya juga.

Nah, sekarang kita pindah ke botolnya. Aku excited banget untuk bahas ini karena menurutku botolnya unik! Dengan tutup dan pump botol yang dibuat lebih panjang, serta bagian botol berbahan kaca yang dibuat menyerupai kotak, menjadikan botolnya ergonomis dan enak digenggam. Karena botolnya juga foundie ini terasa mahal dan niat.

Botolnya didesain secara minimalis, hanya memuat logo, nama seri dan nama produknya aja. Simpler, better. Di botolnya ada keterangan kode produksi dan tanggal kedaluwarsa juga enggak kak? Ada dong! Make Over juga memasukkan print batch code dan expiry date di bagian belakang botol. Selain itu, di bagian bawah botol juga terdapat stiker bening berisi nama seri, nama produk, nomor dan nama shade, juga berat bersih. Cukup lengkap ya!

The Review

Gak kurang dari 3 tahun yang lalu aku masih ngerasa kesusahan untuk cari foundie lokal yang benar-benar ‘enak’ dipake. Yang gak kering di wajah, yang mudah di-blend, yang gak bikin muka keliatan kaku kaya kanebo kering. Di tahun 2021 ini makin banyak foundie lokal yang berkualitas! Salah satunya ya Make Over ini.

Kalau soal warna sih, tiap mau nyoba foundie baru pasti agak susah untuk mencocokannya dengan warna kulitku karena keterbatasan konsep penomoran / penamaan shade yang berbeda di setiap brand. Enaknya Make Over ya itu, semenjak foundie jadi the next big thing in Indonesia’s beauty industry, Make Over udah mulai memberikan penomoran shade yang disesuaikan dengan jenis dan warna kulit kita sehingga kita jadi lebih mudah untuk menyesuaikan dengan kulit yang kita punya.

Dulu aku pakai N30, tapi karena masih terlalu neutral, aku beralih pada W33 karena dua nomor ini memiliki tingkat kecerahan warna yang enggak terlalu berbeda. Tapi jika boleh request sama Make Over, aku pengen banget deh Make Over ngeluarin warna W30 karena sepertinya inilah warna yang paling tepat untukku. Hehehe.

Make Over juga mengeluarkan 8 shades yang sama seperti produk sebelumnya. Semoga kedepannya Make Over bisa mengeluarkan shades yang lebih gelap lagi dari N50 Tan karena aku rasa banyak para pecinta Make Over yang memang berkulit gelap dan masih susah cari shade foundation. Semangat Make Over!

Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation ini berbahan dasar utama air — yep, Aqua alias air sehingga rasanya agak terasa dingin di wajah ketika diaplikasikan. No no no, gak ada gimmick bahan baku iritan semacam mint atau sebagainya kok. Karena bahan dasarnya air, jadi rasanya pun adem ketika diaplikasikan.

Oh ya, foundie ini terasa tipis di wajah dan sangat mudah di-blend dengan kuas maupun beauty sponge. Gak ada streaky atau kelihatan patchy! Dan foundie ini merupakan hydrating foundie, tapi warnanya gak akan mudah geser di wajah meskipun kamu belum set dengan setting powder. Soal klaimnya yang bisa dipakai berlayer-layer, aku setuju sih. Dengan catatan: kamu harus sabar. Jika coat pertama hasilnya enggak terlalu coverage maka jangan khawatir, karena produk ini buildable maka kamu bisa melayer sampai ketemu coverage yang diinginkan. Btw, jangan di-layer ketika foundie-nya masih basah atau udah kering sempurna. Kalau ingin melayer, usahakan aplikasikan coat kedua setelah lapisan pertama udah setengah kering.

Lalu gimana soal hasil akhirnya? Produk ini punya hasil akhir smooth glow finish, atau tampilan glowy yang lembut. Efek second-skinnya beneran kerasa banget. Muka gak keliatan seperti pake topeng, dimana karakter wajah masih terlihat natural. Sebagus itu. 😢❤️

Nah, foundie ini bisa nutupin bekas jerawat gak? Tergantung bekas jerawatnya ya. Menurutku dia masih bagus dalam mengcover bekas jerawat yang berwarna kemerahan, tapi jika bekas jerawat yang berwarna hitam kamu masih harus pakai concealer lagi supaya tampilan kulit terlihat lebih flawless.

The Shades

  • N10 Marble : Fair – Neutral
  • C21 Pink Ivory : Light – Cool Pink
  • W22 Warm Ivory : Light – Warm Yellow
  • N30 Natural Beige : Light to Medium – Neutral
  • W33 Honey Beige : Light to Medium – Warm Golden
  • W41 Coral Sand : Medium – Warm Peach
  • W42 Warm Sand : Medium – Warm Yellow
  • N50 Tan : Medium to Dark – Neutral

My color: W33

Awal aplikasi
Setelah diratakan dan mengering

Ingredients Breakdown

Aqua, Diphenylsiloxy Phenyl Trimethicone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Propanediol, Caprylyl Methicone, Titanium Dioxide, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Dimethicone, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Lauroyl Lysine, Boron Nitride, Trehalose, Dimethicone/PEG-10/25 Crosspolymer, Phenoxyethanol, Saccharide Isomerate, Magnesium Sulfate, Polyhydroxystearic Acid, Tocopheryl Acetate, PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Silica, Triethoxycaprylylsilane, Aluminum Hydroxide, Allantoin, Ethylhexylglycerin, Sodium Hyaluronate, Disodium EDTA, Sodium Citrate, Dipropylene Glycol, Citric Acid, Tocopherol. May Contain:  CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 77499

Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation is free of Alcohol-Free, Allergen-Free, Gluten-Free, Sulfate-Free, Paraben-Free, Synthetic Fragrance-Free, and free from fungal acne feeding components.

Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation contains Silicone and Polyethylene Glycol (PEG)

  • Dimethicone [Silicones]
  • PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone [Polyethylene Glycol]

Good Things Inside:

  • Moisturizing: Propanediol, Trehalose, Phenoxyethanol, Saccharide Isomerate, Allantoin, Ethylhexylglycerin, CI 77491, CI 77491, CI 77499
  • Anti-aging: Boron Nitride, Tocopheryl Acetate, Citric Acid, Tocopherol
  • Antiseptic: Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin
  • Softening: Caprylyl Methicone, Dimethicone, Trehalose, Tocopheryl Acetate, Allantoin, Ethylhexylglycerin
  • Antioxidant: Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA, Tocopherol
  • Whitening: Citric Acid
  • Soothing: Allantoin
  • Healing Effect: Sodium Hyaluronate
  • UV Protection: Ethylhexyl Methoxycinnamate, Titanium Dioxide, Boron Nitride, CI 77891

Hero Ingredients:

  • ✨Titanium Dioxide

Salah satu agen sunscreen yang memberikan cakupan spektrum yang luas dan stabil. Tidak mengiritasi kulit.

  • ✨Trehalose

Mengunci kelembapan pada kulit dan bertindak sebagai antioksidan yang membantu melindungi kulit dari penuaan da kerusakan akibat sinar matahari.

  •  ✨ Saccharide Isomerate

Meningkatkan produksi hyaluronic acid – salah satu komponen utama pada kulit sebagai agen anti-aging – hingga 66%. Saccharide Isomerate juga memberikan hidrasi untuk kulit dan memperkuat mekanisme pertahanan kulit terhadap pengaruh buruk lingkungan.

  • ✨ Allantoin

Membantu memperbaiki tekstur dan memberi efek halus pada kulit. Bekerja sebagai pelembab yang dapat menenangkan dan menyembuhkan kulit dengan melepaskan sel kulit mati.

  • ✨Sodium Hyaluronate

Memberikan efek hidrasi yang besar dan dapat mengurangi peradangan dan kerutan pada kulit.

  • ✨Vitamin E (Tocopherol)

Menyerap sinar UV dan bantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV, bertindak sebagai agen anti-inflammatory pada kulit, membantu melembabkan, membantu merngurangi kerusakan radikal bebas terkait polusi, berperan sebagai antioksidan dan photoprotector terhadap sinar UVB.

Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation is BPOM and HALAL registered.

Hydrastay Lite Glow Cushion Vs Hydrastay Glow Fluid Foundation

Yang paling terlihat perbedaannya tentu aja jenis produk dan packaging-nya. Tapi, apakah benar Lite Glow Cushion adalah Glow Fluid Foundation ‘versi cushion‘? Kalau dibandingkan dengan Ingredients list-nya Make Over Hydrastay Lite Glow Cushion, ada beberapa ingredients di kedua produk ini yang berbeda terutama hero ingredients-nya.

  1. Make Over Hydrastay Lite Glow Cushion memiliki Glycerin, dimana ia adalah agen pelembab yang dapat menghidrasi lapisan luar kulit dan meningkatkan fungsi pelindung kulit.
  2. Make Over Hydrastay Lite Glow Cushion juga memiliki kandungan SPF lebih besar, yaitu SPF 50/PA+++ dimana Hydrastay Glow Fluid Cushion memiliki broad spectrum SPF yang sebenarnya cukup tinggi juga, yaitu SPF 30/PA+++.
  3. Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation memiliki kandungan Sodium Hyaluronate. Kalau dilihat dari nama akhirnya, Sodium Hyaluronate ini adalah ‘saudara dekat’-nya Hyaluronic Acid. Bedanya, SH berbentuk sodium. Sodium Hyaluronate memberikan efek hidrasi yang besar dan dapat mengurangi peradangan dan kerutan pada kulit.
  4. Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation memiliki berat bersih lebih banyak, yaitu 35ml sedangkan Make Over Hydrastay Lite Glow Cushion memiliki berat bersih 15gr dengan perbedaan harga yang lumayan jauh.
  5. Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation dibanderol dengan harga 175,000 sedangkan Make Over Hydrastay Lite Glow Cushion dibanderol dengan harga 215,000.

Kira-kira seperti itulah perbedaanya. Jelas ada banyak plus minus dari kedua produk tersebut. Jika kamu lebih suka sama foundie yang lebih compact dan travel-friendly, apalagi punya broad spectrum SPF yang lebih tinggi, kamu bisa pilih Make Over Hydrastay Lite Glow Cushion.

✨ Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush

MAKE OVER Hydrastay Liquid Tint Blush adalah blush berbentuk liquid, yang diformulasikan dengan Color-Grip Technology, memberikan warna staining yang tahan lama, menempel dengan sempurna pada kulit menghasilkan tampilan merona alami. Terdiri dari 5 pilihan warna yang cocok untuk berbagai skintone, dengan pigmen yang dapat di build untuk mendapatkan intensitas warna yang diinginkan. Formulanya mengandung Deep-Hydrating Actives, memberikan efek hidrasi pada kulit hingga 24 jam, dengan SPF 15/PA++, Non-Comedogenic, Dermatologically Tested.

About the Product

Product Name Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush
Produced By PT Paragon Technology and Innovation
Weight 15ml
Price Rp 131.000 (official shop)
SHOP THIS PRODUCT
SHOPEE (OFFICIAL) TOKOPEDIA LAZADA

Product Claim

Produk liquid blush ini masuk ke dalam seri Hydrastay karena memiliki hydrating actives, di mana bahan aktif ini yang akan memberikan efek hidrasi selama 24 jam. Selain itu, produk ini juga memiliki teknologi color-grip yang bisa memberikan stain color yang tahan lama.

Ada 5 pilihan warna yang juga buildable, tergantung selera kamu mau se-on apa blush on di pipimu. hehehe.

Produk ini juga memiliki broad spectrum SPF yang cukup tinggi, sampai SPF 15/PA++ untuk memberikan tambahan proteksi wajah. So that’s a plus!

Packaging & Design

Sama seperti Make Over Hydrastay lainnya, produk ini juga memiliki box berwarna abu gelap hampir hitam yang glossy lengkap dengan aksen garis holographic biru di bagian sisinya.

Di sisi kiri terdapat informasi ingredients lengkap dengan pigmen warna yang terkandung di dalamnya, juga informasi produsen serta kode produksi dan tanggal kedaluwarsa. Sama seperti Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation, Liquid Tint Blush juga memiliki masa kedaluwarsa selama 3 tahun.

Di sisi kanan terdapat cara penggunaan produk dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Di bagian atas box terdapat stiker shade yang cukup besar, dengan warna stiker berisi nama dan nomor shade yang disesuaikan dengan warna shade-nya. Stiker dibuat memanjang sampai bagian belakang box di mana terdapat rekomendasi jenis kulit (Normal to Dry Skin), juga QR Code, barcode, dan nomor BPOM tepat di atas barcode.

Di bagian belakang box terdapat informasi klaim super lengkap dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Nah, sekarang kita pindah ke botolnya. Botolnya masih mirip sama Glow Fluid Foundation dengan bahan kaca yang lumayan berat, bedanya bagian badan botolnya terlihat lebih pendek.

Produk ini juga didesain secara minimalis. Hanya terdapat logo, nama seri dan nama produk di bagian depan, kode produksi dan tanggal kedaluwarsa di bagian belakang, dan stiker transparan di bagian bawah untuk memuat informasi-informasi penting tentang produknya.

The Review

Siapa nih yang lagi cari local-version-nya NARS Liquid Blush? Karena aku punya keduanya, aku jadi bisa membandingkan secara jelas soal detail produknya. Kalau dilihat dari botol, NARS dan Make Over sama-sama memiliki bahan kaca dengan pump hitam. Bedanya botol NARS lebih tinggi dan memiliki berat bersih jauh lebih sedikit, yaitu hanya 4,8gr.

Sebagai pecinta NARS Liquid Blush, aku merasa Make Over Liquid Tint Blush ini jadi angin segar karena please, harganya jauh banget tapi kualitasnya gak kalah bagus! Make Over Liquid Tint Blush punya formula yang cukup kental dan warnanya benar-benar pigmented untuk ukuran blush. Kamu hanya perlu tekan sedikit aja karena kalau ditekan terlalu keras produk akan terlalu banyak yang keluar dan akhirnya enggak akan terpakai.

Swatches di bawah adalah swatches full application yang belum diratakan agar kamu bisa lebih melihat dengan jelas warna-warna aslinya. Ketika diratakan, warnanya akan lebih membaur dengan warna asli kulit dan dengan cepat settle sehingga warnanya enggak akan menggeser.

Best applied with beauty sponge! Jika kamu pakai foundie atau alas bedak di bawahnya, maka aku rasa cara yang paling enak aplikasikan Hydrastay Liquid Tint Blush adalah dengan menggunakan beauty sponge karena warna akan lebih mudah merata tanpa ada gumpalan warna yang tertinggal. Jika kamu aplikasikan di atas bare face, kamu bisa pakai beauty sponge atau ratakan dengan jari. 🤗

Lalu, bener gak sih dia tahan lama? Sepengalamanku, baik di atas foundie maupun di atas bare face warnanya akan tahan lama. Jika kulitmu termasuk mudah berminyak, ada baiknya untuk set blush ini dengan setting powder atau setting spray di atasnya agar warna benar-benar stay seharian.

The Shades

Aku merasa agak kaget sih sama pilihan warnanya yang cukup banyak dan enggak semuanya terang. Kamu bisa melihat ada beberapa warna deep yang akan cocok untuk para pemilik kulit gelap juga, seperti 02 Gala dan 05 Sun-baked.

  • 01 FLAIR Medium Peachy Pink
  • 02 GALA Deep Red
  • 03 SOLACE Light Pink
  • 04 DOLCE Light to Medium Peach
  • 05 SUN-BAKED Medium Orange
Awal aplikasi
Setelah diratakan dan mengering

Ingredients Breakdown

Aqua, Cyclopentasiloxane, Phenyl Trimethicone, Isododecane, Propanediol, Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Trimethylsiloxysilicate, Ethylhexyl Methoxicinnamate, PEG-10 Dimethicone, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Boron Nitride, Trehalose, Mica, Magnesium Sulfate, Phenoxyethanol, Saccharide Isomerate, Hydrated Silica, Aluminum Hydroxide, Ethylhexylglycerin, Triethoxycaprylylsilane, Dimethicone/PEG-10/15 Crosspolymer, Allantoin, Tocopheryl Acetate, Cyclotetrasiloxane, Disodium EDTA, Sodium Citrate, Citric Acid, Isopropyl Titanium Triisostearate, Bis-PEG-15 Dimethicone/IPDI Copolymer, Dipropylene Glycol, PEG-2 Soyamine, Tocopherol.

May contain: CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 15850, CI 77499, CI 45410

Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush is free of Alcohol-Free, Allergen-Free, Gluten-Free, Sulfate-Free, Paraben-Free, Synthetic Fragrance-Free, and free from fungal acne feeding components.

Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush contains Silicone & Polyethylene Glycol (PEG):

  • Cyclopentasiloxane [Silicones]
  • Phenyl Trimethicone [Silicones]
  • PEG-10 Dimethicone [Polyethylene Glycol]
  • PEG-2 Soyamine [Polyethylene Glycol]

Good Things Inside:

      • Moisturizing: Propanediol, PEG-10 Dimethicone, Trehalose, Phenoxyethanol, Saccharide Isomerate, Ethlyhexylglycerin, Allantoin, CI 77492, CI 77491, CI 77499
      • Anti-aging: Boron Nitride, Tocopheryl Acetate, Citric Acid, Tocopherol
      • Whitening: Citric Acid
      • Softening: Trehalose, Ethylhexylglycerin, allantoin, Tocopheryl Acetate
      • Antioxidant: Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA, Tocopherol
      • UV Protection: Boron Nitride, CI 77891
      • Soothing: Aluminum Hydroxide, Allantoin
      • Antiseptic: Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin

Hero Ingredients:

  • ✨Trehalose

Mengunci kelembapan pada kulit dan bertindak sebagai antioksidan yang membantu melindungi kulit dari penuaan da kerusakan akibat sinar matahari.

  •  ✨ Saccharide Isomerate

Meningkatkan produksi hyaluronic acid – salah satu komponen utama pada kulit sebagai agen anti-aging – hingga 66%. Saccharide Isomerate juga memberikan hidrasi untuk kulit dan memperkuat mekanisme pertahanan kulit terhadap pengaruh buruk lingkungan.

  • ✨ Allantoin

Membantu memperbaiki tekstur dan memberi efek halus pada kulit. Bekerja sebagai pelembab yang dapat menenangkan dan menyembuhkan kulit dengan melepaskan sel kulit mati.

  • ✨Vitamin E (Tocopherol)

Menyerap sinar UV dan bantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV, bertindak sebagai agen anti-inflammatory pada kulit, membantu melembabkan, membantu merngurangi kerusakan radikal bebas terkait polusi, berperan sebagai antioksidan dan photoprotector terhadap sinar UVB.

Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush is BPOM and HALAL registered.

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.