fbpx

[Swatches & Review] ESQA Wonder Woman “Believe in Wonder” Makeup Collection: Fearless Eyeshadow Palette, Cheek Palette, Cushion Blush

by Yustika Maharani
3.4K views

When Maxwell Lord asked “what do you wish for?” in Wonder Woman 1984, someone must’ve said “wonder woman’s makeup collection!”.

Ini memang bukan makeup milik Wonder Woman, tapi makeup ini terinspirasi dari sosok wanita kuat dari dunia komik DC itu, and ESQA made it all. 

ESQA Wonder Woman “Believe in Wonder” Makeup Collection rilis pada awal bulan Juli 2021 dalam rangka anniversary Wonder Woman yang ke-80 dimana ESQA bekerja sama dengan DC dan Warner Bros. Consumer Products.

According to Cindy Angelina, co-founder ESQA, koleksi makeup ini diciptakan bukan hanya untuk mempercantik para beauty enthusiasts, tapi juga untuk mempromosikan women empowerment (pemberdayaan perempuan). A noble cause.  

Selain campaign yang inspirational, ESQA juga enggak lupa untuk memastikan kalau koleksi makeup ini adalah vegan (enggak mengandung kandungan yang berasal dari hewan) dan cruelty-free (enggak melakukan uji coba terhadap hewan).

Makeup Collection ini terdiri dari Eyeshadow Palette, Cheek Palette, Cushion Blush, dan Brow Pencils, dan yang akan aku review hari ini adalah Eyeshadow Palette, Cheek Palette, dan Cushion Blush.

Yuk, let’s get right into the products!

✨Packaging

Di pandangan pertama, semua orang pasti langsung tahu kalau koleksi makeup ini bertema Wonder Woman. Warna khas superhero wanita terkenal ini, merah dan biru, menjadi warna utama packaging ESQA Wonder Woman “Believe in Wonder” Makeup Collection. 

Di bagian depan packaging terdapat lambang Wonder Woman yang berwarna emas dan nama ESQA di bawahnya dengan warna yang sama.

✨ESQA Wonder Woman “Believe in Magic” Fearless Eyeshadow Palette

Product Name ESQA Wonder Woman Believe in Wonder: Fearless Eyeshadow Palette
Produced By Shanghai Ayara Cosmetics Co., Ltd
Imported By PT. Nayue Kosmetik Indonesia
Distributed By PT. Keva Cosmetics Internasional
Price / Net. Weight Rp 245.000 for 9g
SHOP THIS PRODUCT
SHOPEE TOKOPEDIA

✨Claim & Benefits

Wonder Woman Believe in Wonder: Fearless Eyeshadow Palette ini memiliki 5 finish dengan warna yang sangat pigmented dan blendable. Produk ini memiliki 9 warna dengan 5 finish/formula. Produk eyeshadow ini Vegan, Halal dan dibuat tanpa menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya.

✨Ingredients Breakdown

Mica, Synthetic Fluorphlogopite, Calcium Aluminum Borosilicate, Silica, Dimethicone, Calcium Sodium Borosilicate, Magnesium Stearate, C12-20 Acid Peg-8 Ester, Synthetic Wax, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Ethylhexyl Palmitate, Phenyl Trimethicone, Diisostearyl Malate, Polyethylene, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Tridecyl Trimellitate, Phenoxyethanol, Tin Oxide, 1,2-Hexanediol, Isononyl Isononanoate, Trimethylsiloxysilicate, Ethylhexylglycerin, Polyisobutene, PTFE
MAY CONTAIN:
CI 77491, CI 77891, CI 77492, CI 77499, CI 77510, CI 15850, CI 77820, CI 16035

ESQA Wonder Woman Believe in Wonder: Fearless Eyeshadow Palette is Allergen-Free, Alcohol-Free, Gluten-Free, Sulfate-Free, Paraben-Free, Fragrance-Free.

ESQA Wonder Woman Believe in Wonder: Fearless Eyeshadow Palette contains:

  1. Comedogenic Components: Magnesium Stearate, Ethylhexyl Palmitate
  2. Silicones: Dimethicone, Phenyl Trimethicone
  3. PEGs: C12-20 Acid Peg-8 Ester
  4. Fungal Acne Feeding Components: Ethylhexyl Palmitate

Good Things Inside:

  • Moisturizing: Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Polyisobutene, CI 77491, CI 77492, CI 77499
  • Softening: Dimethicone, Ethylhexyl Palmitate, Diisostearyl Malate, Polyethylene, Ethylhexylglycerin
  • Antiseptic: Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin
  • UV Protection: CI 77891

Packaging Fearless Eyeshadow Palette

✨The Product and The Formula Itself

Bentuk dari kemasan eyeshadow ini sebenernya enggak ada yang berbeda dari eyeshadow-eyeshadow lainnya. Sama-sama kotak dan ada cermin kecil di bagian dalam penutupnya. Handy sih ya, jadi enggak usah bawa-bawa cermin lagi.

Nah, sekarang kita diskusiin kandungannya. Jadi, tekstur dari setiap pan itu beda-beda; ada yang matte, satin, sequin, glitter, dan duo-chrome.

Jadi, apa yang membuat eyeshadow ini pigmented? Jawabannya ada di 1,2-Hexanediol. Kandungan ini membantu dalam menyebarkan pigmen yang ada pada suatu produk supaya lebih merata sehingga warna produk tersebut lebih pop out.

Terus, apa yang membuat eyeshadow ini blendable? Ada Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Ethylhexyl Palmitate, Phenyl Trimethicone, dan Tridecyl Trimellitate yang semua bekerja sama untuk membuat produk ini menjadi mudah di blend. Enggak akan ada tuh spot-spot pigmen yang enggak merata.

Semua pan kecuali yang matte sudah pasti mengandung Mica dan Synthetic Fluorphlogopite yang perannya itu adalah untuk memberi kemampuan light-reflecting, dimana kalau eyeshadow terpapar cahaya (matahari atau lampu, eyeshadow itu akan memberi pantulan balik yang cantik dan lembut. Tingkat kandungan Mica dan Synthetic Fluorphlogopite berbeda sesuai dengan tekstur masing-masing pan.

Untuk semua pan, ada kandungan Silica yang perannya itu untuk menyerap minyak berlebih, jadi kamu enggak usah khawatir eyeshadow bakal luntur atau bergeser karena minyak kulit.

✨The Review

Setelah aku coba eyeshadow ini, aku suka sama tekstur masing-masing warna. Semuanya terasa lembut buttery termasuk yang glitter; teksturnya enggak terasa gritty seperti pasir. Ini membuat produk nyaman untuk diaplikasikan ke eyelid aku.

Yang paling penting buatku: semua warnanya pigmented, apalagi yang warna biru tua sequin, coklat matte, dan peach matte. Pas aku aplikasikan layer pertama, warna langsung terlihat pekat dan pop-out

[columns size=”1/2″ last=”false”][/columns][columns size=”1/2″ last=”true”][/columns]

Untuk yang sequin, sebenernya warna ini lebih terlihat matte karena shimmer-nya sedikit banget. Kalau aku kombinasikan warna sequin sama warna glitter atau duo-chrome, shimmer yang ada di sequin ini terlihat seperti tebaran dari glitter/duo-chrome sebelah, bukan shimmer sequin itu sendiri.

Terus, aku suka sama warna-warna duo-chrome-nya karena selain tekstur dan warna yang pekat, warna yang dipantulkan juga ada dua tergantung angle cahaya; a light illusion. Warna duo-chrome orange itu memantulkan warna orange bata dan kuning emas, dan warna duo-chrome kuning emas itu memantulkan warna kuning emas dan hijau. So pretty. Big fan of the satin, too, karena warnanya terlihat shimmery smooth, ya kaya satin gitu. 

Produk ini emang gampang banget buat di blend, tapi, mungkin karena ini, kalau enggak sengaja kesentuh atau ke-swipe sedikit, produk ini gampang banget nyebarnya, jadi pengaplikasiannya harus hati-hati biar enggak berantakan.

Warna-warna satin dan duo-chrome sangat minim fall-out. Warna-warna matte-nya masih lumayan fall-out jika kamu terlalu banyak ambil dari pan. Warna glitter, cara pengaplikasian paling tepat adalah dengan menggunakan jari karena ia bukan glitter dengan base pigmen warna tapi pure glitter yang sulit nempel kalau pakai brush. Oh ya, fair warning, karena ini terbuat dari pure glitter yang terasa gritty seperti halnya glitter biasa, aku rasa warna ini kurang oke untuk kamu yang punya sensitive skin.

✨Shades and Description

Fearless Eyeshadow Palette:

  • 3 matte colors
  • 2 satin colors
  • 2 duo-chrome colors
  • 1 sequin color
  • 1 glitter color

✨ESQA Wonder Woman Believe in Wonder: Cheek Palette

Product Name ESQA Wonder Woman Believe in Wonder: Cheek Palette
Produced By Shanghai Ayara Cosmetics Co., Ltd
Imported By PT. Nayue Kosmetik Indonesia
Distributed By PT. Keva Cosmetics Internasional
Price / Net. Weight Rp 295.000 for 9g
SHOP THIS PRODUCT
SHOPEE TOKOPEDIA

✨Claim & Benefits

This all-in-one lux trio features fresh formulas of Bronzer, Highlighter and Blush.
Each is designed to glide on smoothly, blend seamlessly and leave a warm, glowing finish.

✨Ingredients Breakdown

BLUSH:
Mica, Talc, Silica, Dimethicone, Ethylhexyl Palmitate, Polyethylene, Magnesium Stearate, Polyisobutene, Triethoxycaprylylsilane, Boron Nitride, Nylon-12, Phenoxyethanol, 1,2-Hexanediol, Ethylhexylglycerin
MAY CONTAIN:
CI 77492, CI 77891, CI 77491, CI 15850, CI15850

BRONZER:
Talc, Mica, Silica, Diisostearyl Malate, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Magnesium Stearate, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Dimethicone, Polyethylene, Triethoxycaprylylsilane, Ethylhexyl Palmitate, Phenoxyethanol, 1,2-Hexanediol, Ethylhexylglycerin
MAY CONTAIN:
CI 77491, CI 77492, CI 77499, CI 77891

HIGHLIGHTER:
Synthetic Fluorphlogopite, Dimethicone, Mica, Ethylhexyl Palmitate, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Magnesium Stearate, Polyethylene, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Phenoxyethanol, Tin Oxide, Ethylhexylglycerin, 1,2-Hexanediol
MAY CONTAIN:
CI 77491, CI 77891

ESQA Wonder Woman Believe in Wonder: Cheek Palette is Allergen-Free, Alcohol-Free, Gluten-Free, Sulfate-Free, Paraben-Free, PEG-Free, Fragrance-Free.

ESQA Wonder Woman Believe in Wonder: Cheek Palette contains:

  1. Comedogenic Components: Talc (in blush, bronzer, and highlighter), Ethylhexyl Palmitate (in blush, bronzer, and highlighter), Magnesium Stearate (in blush, bronzer, and highlighter)
  2. Silicones: Dimethicone (in blush, bronzer, and highlighter)
  3. Fungal Acne Feeding Components: Ethylhexyl Palmitate (in blush, bronzer, and highlighter)

Good Things Inside:

  • Moisturizing: Polyisobutene (in blush), Phenoxyethanol (in blush, bronzer, and highlighter), Ethylhexylglycerin (in blush, bronzer, and highlighter), CI 77491 (in bronzer), CI 77492 (in blush & bronzer), CI 77491 (in bronzer & highlighter), CI 77499 (in bronzer)
  • Softening: Talc (in blush & bronzer), Diisostearyl Malate (in bronzer), Dimethicone (in blush, bronzer, and highlighter), Ethylhexyl Palmitate (in blush, bronzer, and highlighter), Polyethylene (in blush, bronzer, and highlighter), Ethylhexylglycerin (in blush, bronzer, and highlighter)
  • Anti-Aging: Boron Nitride (in blush)
    Antiseptic: Phenoxyethanol (in blush, bronzer, and highlighter), Ethylhexylglycerin (in blush, bronzer, and highlighter)
  • UV Protection: Talc (in blush & bronzer), Boron Nitride (in blush), CI 77891 (in blush)

Packaging Cheek Palette

✨The Product and The Formula Itself

So, kalau kita lihat klaimnya ESQA, yang bisa kita harapkan dari Cheek Palette ini adalah blendability yang baik dan finish yang glowing. Kita lihat dari ingredientsnya yuk, apa aja yang bikin ESQA berani klaim hal-hal tersebut?

First, apa yang membuat produk ini punya kemampuan blendability yang baik? Karena di masing-masing pan itu beda isinya (blush, bronzer, dan highlighter), maka, ingredientsnya itu juga beda-beda. Kalau di blush, ada kandungan Nylon-12 dan Talc, di bronzer, ada Talc saja, dan di highlighter ada Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2. Kandungan-kandungan yang aku sebut tadi mempunyai peran yang sama, yaitu membuat produk menjadi lebih mudah tersebar dan berbaur saat diaplikasikan, dengan kata lain, membuat produk ini menjadi blendable.

Nah, terus apa yang membuat produk ini bisa punya finish yang glowing? Ada Boron Nitride di blush dan Mica. Berhubung highlighter memang seharusnya punya finish yang lebih glowing atau bercahaya diantara yang lainnya, pan ini mempunyai kandungan tambahan untuk memperkuat kemampuan light-reflecting-nya; ada Synthetic Fluorphlogopite, Mica, dan Tin Oxide.

✨The Review

Overall, aku suka sama Cheek Palette ini untuk daily wear. Sama halnya seperti eyeshadow palette, tekstur produk ini lembut!

Bedanya sama eyeshadow, cheek palette ini enggak begitu pigmented, harus at least mengaplikasikan dua layer sebelum warnanya kelihatan, and that’s fine by me, karena fungsi Cheek Palette ini ya untuk bronzing, blushing, dan highlighting kan ya, kalau terlalu pigmented nanti finished looknya bakal terlihat over-dramatic dan enggak natural. 

Aku juga suka sama highlighternya karena soft dan cantik, enggak terlalu explosive. Masih oke banget untuk dipakai daily with no makeup (well, I do this often!)

Untuk warna, ya karena bronzer, blush, sama highlighternya udah satu paket, kita enggak bisa ganti-ganti warna, jadi ya kita harus stick with the colors that we get, dan pilihan warnanya cuma ada dua; Champion untuk yang kulitnya warm-toned dan Confident untuk yang kulitnya cool-toned. Untuk aku, pilihan warnanya terlalu limited.

✨Shades and Description

ESQA Wonder Woman Believe in Wonder Cheek Palette ini tersedia dalam dua rangkaian shade;

  • Champion
  • Confident

Kalau aku perhatikan, yang shade Champion ini bersifat warm-tone dan yang Confident ini adalah cool-tone; bisa dilihat dari warna blush dan highlighternya. Jika blush pada rangkaian shade Champion ini cenderung berwarna warm peach, blush yang ada pada rangkaian shade Confident ini berwarna cool pink.

Highlighter pada shade Champion juga has a tint of peach dan yang Confident has a tint of pink.

✨ESQA Wonder Woman Believe in Wonder: Cushion Blush

Product Name ESQA Wonder Woman Believe in Wonder: Cushion Blush
Produced By Shanghai Ayara Cosmetics Co., Ltd
Imported By PT. Nayue Kosmetik Indonesia
Distributed By PT. Keva Cosmetics Internasional
Price / Net. Weight Rp 150.000 for 5g
SHOP THIS PRODUCT
SHOPEE TOKOPEDIA

✨Claim & Benefits

  1. Zero spill potential
  2. Perfect on the go
  3. Watercolor-like flush on cheeks
  4. Longwearing blush
  5. Weightless, airy feel-no caking!

✨Ingredients Breakdown

Water, Cyclopentasiloxane, Isododecane, Propylene Glycol, Ethylhexyl Palmitate, Butylene Glycol, Silica, Caprylic/Capric Triglyceride, Dimethicone, Hydrogenated Polydecene, Octyldodecanol, Sorbitan Sesquioleate, Steareth-21, Chlorphenesin, BHT, Fragrance, Iodopropynyl Butylcarbamate
May Contain:
CI77891, CI77491, CI12085, CI15880:1

ESQA Wonder Woman Believe in Wonder: Cushion Blush is Allergen-Free, Alcohol-Free, Gluten-Free, Sulfate-Free, Paraben-Free, and PEG-Free.

ESQA Wonder Woman Believe in Wonder: Cushion Blush contains:

  1. Comedogenic Components: Ethylhexyl Palmitate, Butylene Glycol, Sorbitan Sesquioleate
  2. Silicones: Cyclopentasiloxane, Dimethicone
  3. Fungal Acne Feeding Components: Ethylhexyl Palmitate, Sorbitan Sesquioleate
  4. Fragrance: Fragrance

Good Things Inside

  • Moisturizing: Propylene Glycol
  • Softening: Ethylhexyl Palmitate, Caprylic/Capric Triglyceride, Dimethicone, Octyldodecanol, Sorbitan Sesquioleate
  • Antioxidant: BHT

Packaging Cushion Blush

✨The Product and The Formula Itself

Zero spill potential dan perfect on the go; bisa dilihat ya dari packagingnya. Enggak akan tumpah karena memang ini bentuknya cushion dan double-lid; jadi ada tutup di bawah tutup utama kemasannya yang kebetulan juga digunakan untuk menyimpan air cushion.

Sekarang kita lihat ingredients-nya dan kita diskusikan ya.

First, berdasarkan klaim dari ESQA, produk ini memberikan finish/flush yang bersifat watercolor-like. Maksudnya apa ya? Jadi, watercolor-like flush itu finish yang terlihat dewy dan smooth. Nah, di produk ini ada Hydrogenated Polydecene yang perannya itu adalah untuk memberikan finish tersebut.

Terus, selain finish yang dewy dan smooth, katanya produk ini tahan lama. Setelah aku lihat di list ingredientsnya, ternyata ada Isododecane. Kandungan ini emang udah umum ada di produk-produk kecantikan dan memang perannya itu adalah membuat produk jadi tahan lama, so, enggak terkejut kalo ternyata Cushion Blush ini juga mengandung Isododecane.

Last but not least, klaim weightless, airy feel-no caking bisa didukung oleh fakta kalau produk ini megandung Caprylic/Capric Triglyceride karena kandungan ini perannya adalah untuk memberi tekstur yang lembut tapi enggak berminyak atau lengket. It gives an airy texture dan menghindari caking.

✨The Review

Pertama kali aku buka Cushion Blush ini, aku jatuh cinta sama air cushion-nya soalnya imut! Ukurannya kecil dan emang pas dijadiin cushion untuk blush; it’s pocket-friendly.

Terus, aku coba colek produknya pakai jari, memang teksturnya lembut dan pas di aplikasikan ke kulit, teksturnya creamy dan bisa dibaur dengan mudah. Setelah pakai jari, aku coba aplikasikan pakai air cushion. Ketika aku press air cushion-nya ke sponge, produknya enggak nempel di tengah-tengah cushion melainkan di pinggirnya. Ini inconvenience kecil sih sebenernya tapi akan lebih baik lagi kalo si produknya nempel di tengah-tengah cushion supaya pengaplikasian ke pipinya itu terasa  lebih presisi. Selain itu, jika kamu menekan terlalu kuat, warna blush akan meluap di pinggiran sponge cushion-nya. Jadi, hati-hati ya!

Forget the small inconvenience, setelah aku aplikasikan produk ini ke pipi, ternyata hasilnya emang beneran seperti water-color. Warnanya tuh terlihat sheer, cantik di pipi. Nah, karena produk ini blendable, setelah aku aplikasikan pakai cushion, aku bisa perfecting tampilannya pakai jari untuk nge-blend lagi supaya lebih terlilhat flawless.

✨Shades and Description

ESQA Wonder Woman Believe in Wonder: Cushion Blush ini tersedia dalam 3 shade:

  • Courageous
  • Compassion
  • Brilliant

✨Swatches

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love