Pets to the Rescue!

by Yustika Maharani
Published: Last Updated on 50 views

Photo by Humberto Arellano via Unsplash

Semakin jauh kita memasuki tahun 2022 ini, semakin banyak aja nih masalah dan/atau tanggung jawab yang harus kita pikul, which means: more stress! Banyak banget lho cara-cara untuk meredakan stress, tapi seringkali kita merasa mager atau enggak punya waktu untuk menunaikannya (e.g Yoga, exercise, jalan-jalan, etc). Nah, mau enggak mau, we have to do SOMETHING to eliminate the stress that we have; kalau enggak, stress yang menumpuk bisa berpengaruh terhadap fisik kita seperti hal-hal di bawah ini:

    • Sakit kepala
    • Tegang/sakit otot
    • Nyeri dada
    • Fatigue
    • Gangguan pencernaan
    • Gangguan pada siklus tidur

Mood/mental kita juga bisa terpengaruh lho, seperti:

    • Anxiety
    • Kehilangan motivasi/fokus
    • Burnout/overwhelmed
    • Mudah marah
    • Mudah sedih

Dan ternyata, perilaku kita juga bisa berubah karena stress, seperti:

    • Overeating atau undereating
    • Enggan bersosialisasi

Nah, serem juga kan ya efek-efek dari memendam stress yang enggak kunjung dihilangkan? We really have to de-stress ourselves once in a while, dan salah satu cara yang sudah personally terbukti adalah: getting a pet!

Photo by Sasha Sashina via Unsplash

How Pets Can Reduce Stress

According to Elizabeth Scott, Phd., memelihara seekor pet dapat meningkatkan mood kamu menggunakan rupanya (bayangkan pet dengan mata yang bulat dan/atau wajah imut dan/atau bulu-nya yang lembut. It’s so cute, isn’t it?!) dan perilakunya (stumbling pets, rubbing for attention, playing around, sooo adorable). 

Selain mood, pets juga bisa memberi kamu sebuah bentuk companionship. Companionship ini penting lho untuk menurunkan stress karena kamu akan merasa ada yang menemani kamu (like you have someone there for you). It prevents loneliness, too!

What’s more, kamu juga bisa menurunkan tensi darah. How? By touching your pet! Menyentuh atau mengelus-elus pet adalah sebuah tindakan yang bisa mengeluarkan hormon relaksasi dimana kamu akan merasa tenang dan nyaman. Bonusnya, hormon ini dapat sekaligus memerangi dan mengeliminasi hormon stress.

Last but not least, seekor pet dapat memberi kamu a sense of unconditional love. Seburuk apapun kondisi kita secara lahir dan batin, our pets are not going to hate us. Perasaan disayang ini bisa membuat kita bahagia.

 

How to Choose the Perfect Pet

Sudah tertarik untuk adopsi seekor pet kah? Tenang dulu! Kamu harus tahu jenis pet yang seperti apa yang dapat membantu keadaan kamu; jangan sampai kamu salah pilih dan justru membuat kamu semakin stress!

Sebelum adopsi, kamu harus bertanya-tanya kepada si pemilik awal tentang sifat dan kebiasaan pet-nya. Apakah kamu bisa cocok dengan sifat-nya yang aktif/pasif? Perilaku-nya yang ceroboh/galak? Atau dengan kebiasaan uniknya? Get to know the pet you’re about to adopt! 

A little tip here:

Kalau kamu prefer pet yang aktif dan membuat kamu menjadi aktif juga, get a dog! Tapi kalau kamu mager dan prefer yang lebih tenang, get a cat! Both are equally as adorable and lovable, though.

All in all, if done correctly, kamu bisa banget meringankan beban stress dengan seekor pet, sekalian buat jadi teman kalau kamu lagi gabut atau lonely. If you do want to adopt one, jangan lupa kalau mereka juga makhluk hidup dimana mereka harus diurus dengan baik dan benar yaa.

Source(s):

Scott, E. (2022, May 20). How Owning a Pet Can Reduce Stress. Verywell Mind. Retrieved June 8, 2022, from https://www.verywellmind.com/how-owning-a-dog-or-cat-can-reduce-stress-3144701

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.