fbpx

[Review] The Body Shop Fresh Nude Foundation

by Yustika Maharani
Published: Last Updated on 1.1K views

This one is exciting! Akhirnya Lippielust review produk complexion dari The Body Shop! Kita kenalan sama Fresh Nude Foundation, yuk! Ini yang versi baru-nya, lho.

Product Name The Body Shop Fresh Nude Foundation
Produced By Meiyume (UK) Limited
Distributed By PT. Monica Lestari
Net. Weight / Price 30ml / Rp 349.000

BENEFITS AND CLAIMS

  • Enriched with moisturizing CFT Aloe Vera from Mexico ✔
  • Natural, medium coverage ✔
  • Radiant, fresh-faced finish ✔
  • 95% ingredients of natural origin ✔
  • Vegan certified ✔
  • Enriched with antioxidant Vitamin E ✔
SHOP THIS PRODUCT
SHOPEE TOKOPEDIA

Packaging

Sebelum aku mulai, aku mau ngingetin kalau produk ini tuh sebenernya produk yang udah lumayan lama dan kali ini The Body Shop melakukan re-launch dengan desain dan formula yang baru. So, bakal ada beberapa perbandingan dengan produk yang sebelumnya yaa.

Okay, so, I like this new packaging! Dengan botol kaca yang bening dilengkapi font/aksen dan cap berwarna putih, kesan “clean” dan “fresh”-nya ini bener-bener dapet dibandingkan packaging yang sebelumnya. Font nama produk yang awalnya kaku dan lumayan dull sekarang diubah jadi lebih luwes juga.

What’s more, yang sebelumnya itu menggunakan pump untuk mengeluarkan produk, kali ini kita dikasih spatula. Personally, aku lebih suka pump, lho. Dengan spatula, aku ngerasa produknya ini gampang tumpah ke sisi-sisi lid gitu.

Overall, the new packaging is really attractive and feels “on trend”.

The Product and The Formula

Kalau dilihat dari list kandungannya, formula produk ini banyak banget kandungan pelembabnya. Kepadatannya juga enggak encer seperti foundation botolan pada umumnya; produk ini sedikit gooey dan kalau dibalik, enggak tumpah sama sekali, lho. 

Nah kalau dibandingkan dengan versi sebelumnya, ternyata di versi yang baru ini banyak banget kandungan yang dibuang, alhasil, list kandungannya jadi lebih pendek; I like it, karena jadi minim kandungan yang aneh-aneh.

Selain itu, ada beberapa kandungan baru yang ditambahkan di versi terbaru ini dan mayoritas dari kandungan tersebut fungsinya adalah sebagai emollient (membuat kulit tampak dan terasa lebih lembut dan lembab). Di sini kita bisa lihat kalau produk terbaru ini lebih dewy dan menghidrasi dibandingkan pendahulunya.

Removed Ingredients:

Diheptyl Succinate, Cyclohexasiloxane, Octocrylene, PEG-30 Dipolyhydroxystearate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Silica, Cetyl Dimethicone, Hydrogenated Polydecene, Sclerocarya Birrea Seed Oil, Ammonium C6-16 Perfluoroalkylethyl Phosphate, Capryloyl Glycerin/​Sebacic Acid Copolymer, Ethylhexylglycerin, Caprylhydroxamic Acid, P-Anisic Acid, Disodium EDTA, Propylene Glycol, Rosa Alba Flower Extract, BHT, Sodium Benzoate, Sorbic Acid.

Added Ingredients:

Coco-Caprylate/Caprate, Dicaprylyl Ether, Polyglyceryl-3 Diisostearate, Polyglyceryl-4 Isostearate, Hydroxyacetophenone, Tocopherol, Sodium Chloride, Sodium Myristoyl Glutamate, Aluminum Hydroxide.

Okay, let’s talk about CFT Aloe Vera. What is CFT? Community Fair Trade; ini adalah program yang diciptakan The Body Shop untuk (parts of it) mendukung petani dalam kelangsungan usaha dagangnya, juga mendukung kita sebagai konsumen untuk mendapatkan bahan-bahan kosmetik dengan kualitas premium dan natural. Dari sini, seharusnya kandungan produk ini sesuai klaim ya: 95% of natural origin. This is honestly so cool.

The Experience

At the first swipe on my skin, aku langsung bisa mencium aroma wangi yang datang dari fragrance. Di satu sisi, ini enak sih untuk kepuasan hidung, tapi, di sisi lain, sebenernya kandungan fragrance itu kurang ideal kalau digunakan di kulit. You know, takut iritasi atau timbul masalah-masalah lainnya. Anyhow, di kulitku yang lumayan sensitif ini, enggak muncul efek samping yang aneh-aneh, kok. So, it’s safe on my skin, but please use this product with caution karena fragrance-nya terbilang lumayan pekat untuk sebuah produk foundie.

Di sini aku blend produk menggunakan jari karena aku ingin hasil yang one with the skin dan enggak begitu cakey, and honestly, produk ini mudah di-blend kalau dilakukan dengan gerakan patting, tapi akan lebih susah kalau di-swipe karena teksturnya yang ternyata enggak 100% glidable

Alas, aku suka dengan fresh finish-nya; dewy dan one with the skin. However, jangan terlalu berekspektasi bisa nutupin hyperpigmentation ya karena memang coverage-nya itu natural to medium. I personally love this type of coverage karena jadi terlihat super natural. But again, kalau kamu ingin nutupin spot-spot mengganggu, kamu bakal perlu tambahan concealer.

Feel-nya lembab banget tapi bukan jenis lembab yang ringan; maksudnya, aku bisa merasakan kalau di atas kulitku itu ada produk. Mungkin karena banyak kandungan emollient yang akhirnya menjadikan produk ini sedikit “cepel”. Karena ini, menurutku produk ini cocok banget digunakan di atas kulit kering.  Anyway, sebenarnya ini enggak terlalu mengganggu, kok, tapi dicatat aja kalau feel “cepel” ini hilang around 2 to 3 hours later…well, enggak tau karena beneran hilang atau karena aku jadi terbiasa dengan feel tersebut ya.

Untuk kulitku yang medium warm, aku pakai shade Medium 2W which is the perfect base shade for my skin! Untuk nambahin sedikit dimensi, aku pakai shade Fair 1W (which is putih banget) di area highlight.

Setelah kurang lebih 4 jam kemudian, warna foundie di wajahku mengalami oksidasi (tapi sedikit doang. Enggak sampai jomplang kok warnanya antara wajah dan leher). Finish awal yang dewy tetap terlihat dewy, dan karena kulitku ini berminyak, jadi shining shimmering splendid, tapi bisa diatasi cukup dengan bedak atau blotting paper, kok, tanpa menghilangkan look yang dewy. 

Overall, I like this product! Cocok untuk digunakan kalau ingin look yang natural, fresh, dan yang terlihat seperti kulit kedua.

✨Shades and Descriptions

  • Fair 1W – neutral
  • Light 2N – cool
  • Medium 2W – warm
  • Tan 3N – warm
  • Deep 2C – neutral
  • Rich 1N – cool

✨Ingredients

Aqua/Water/Eau, Coco-Caprylate/Caprate, Dicaprylyl Ether, Glycerin, Polyglyceryl-3 Diisostearate, Polyglyceryl-4 Isostearate, Disteardimonium Hectorite, Hydroxyacetophenone, Magnesium Sulfate, Phenoxyethanol, Alcohol Denat., Tocopherol, Caprylyl Glycol, Sodium Chloride, Sodium Myristoyl Glutamate, Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder, Sodium Hyaluronate, Fragrance, Aluminum Hydroxide, Sodium Hydroxide [+/- CI 77891/Titanium Dioxide, CI 77492/Iron Oxides, CI 77499/Iron Oxides, CI 77491/Iron Oxides].

The Body Shop Fresh Nude Foundation is Allergen-Free, Alcohol-Free, Gluten-Free, Silicone-Free, Sulfate-Free, Paraben-Free, and PEG-Free.

The Body Shop Fresh Nude Foundation contains:

  1. Comedogenic Components: Polyglyceryl-3 Diisostearate, Tocopherol
  2. Fungal Acne Feeding Components: Polyglyceryl-3 Diisostearate
  3. Fragrance: Fragrance

Good Things Inside:

  1. Moisturizers: Glycerin, Phenoxyethanol, Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder
  2. Softeners: Coco-Caprylate/Caprate, Glycerin, Sodium Myristoyl Glutamate
  3. Sootheners: Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder, Aluminum Hydroxide
  4. Acne Fighting Components: Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder
  5. Anti-agings: Tocopherol, Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder
  6. Antioxidants: Hydroxyacetophenone, Tocopherol, Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder
  7. Healing Components: Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder, Sodium Hyaluronate
  8. Antiseptics: Phenoxyethnanol, Alcohol Denat., Caprylyl Glycol, Sodium Chloride, Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder
  9. Whiteners: Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder

Hero Ingredients:

  1. Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder: versi bubuk dari Aloe Vera yang sama-sama mempunyai khasiat yang menenangkan, melembutkan, dan melembabkan kulit.
  2. Glycerin: pelembab natural.
  3. Tocopherol: a.k.a Vitamin E, berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga dari radikal bebas dan sinar UVB.
  4. Sodium Hyaluronate: a.k.a Hyaluronic Acid, berfungsi sebagai pelembab.

The Body Shop Fresh Nude Foundation is certified of:

  • BPOM
  • Vegetarian ✔
  • Leaping Bunny

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love