Apa Benar Lipstick Bikin Bibir Menghitam? Cek Faktanya Yuk!

by Putri Adelina
1296 views

Sampai hari ini masih banyak yang berspekulasi mengenai efek dari pemakaian lipstik. Adanya perubahan warna pada bibir kita – terutama menjadi hitam – ternyata dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, tapi apakah lipstik menjadi salah satunya? 

Bibir kita tentunya memiliki struktur yang berbeda dengan kulit kita yang lain. Bibir hanya memiliki 3 sampai 4 lapisan luar dan sangat tipis jika dibandingkan dengan kulit pada umumnya yang memiliki 15 hingga 16 lapisan pelindung. Karena lapisannya yang tipis dan sedikit inilah yang memungkinkan pembuluh darah pada bibir terlihat dan menyebabkan warna merah muda pada bibir.

✨Genetik

Warna kulit memiliki peran dalam warna bibir kita. Semakin terang warna kulit kita, warna bibir pun semakin cerah. Dari sini bisa diambil kesimpulan jika genetik dapat menjadi salah satu faktor dari warna bibir. Instead of worrying, lebih baik kita menerima kondisi ini dan anggap sebagai salah satu identitas kita. 😊

dark (lip) skin is probably your identity. Don’t be ashamed of it. Pic: Envato Elements

✨Merokok

Merokok menjadi penyebab lain dari perubahan warna bibir. Zat nikotin dan benzopyrene dalam rokok dapat mendorong produksi melanin di kulit. Seperti yang kita tau, melanin merupakan pigmen yang dapat memberikan warna gelap pada kulit. Produksi melanin berlebih dapat mengakibatkan hiperpigmentasi kulit.

✨Paparan sinar matahari

Tidak hanya rokok, paparan sinar matahari pun dapat memicu pembentukan melanin loh! Kulit yang terkena sinar matahari menyebabkan tubuh memproduksi melanin yang bisa menyerap sinar ultraviolet. Karena kulit bibir tidak memiliki folikel rambut dan kelenjar keringat, bibir kita kurang terlindungi dari lingkungan dan matahari. Untuk mengatasinya, hindari paparan sinar matahari berkelanjutan dan gunakan lip product dengan kandungan SPF 30 – it’s okay to contain a higher SPF!

✨Kebiasaan menjilat bibir

Tidak sedikit dari kita menganggap licking lips dapat mengatasi bibir kita yang kering. It’s a big no! Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bibir kita tidak mempunyai lapisan pelindung seperti kulit kita yang lain yang mengakibatkan bibir kita lebih rentan pada kondisi di sekitarnya. Air liur mengandung enzim pemecah makanan yang akan mengiritasi jika berada pada bibir kita dan menyebabkan peradangan bahkan penggelapan warna bibir. Coba kurangi kebiasaan jelek ini ya!

✨Hormon

Perubahan hormonal pada wanita selama masa kehamilan ataupun terapi hormon bisa menghasilkan bercak gelap pada beberapa area tubuh, termasuk bibir. Hormon estrogen dalam kadar yang tinggi dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan penggelapan bibir. Namun biasanya akan kembali ke kondisi semula setelah proses kehamilan.

✨Allergen and other hazardous chemicals

Beberapa produk dapat mengandung bahan-bahan pemicu alergi bagi kita – seringnya berasal dari zat pewarna dan fragrance yang ada di formulasi kosmetik bibir. Selain memilah dua kandungan ini, perlu diingat juga untuk memilih lip product dengan bahan berkualitas baik dan memberikan manfaat baik bagi bibir. Penggunaan lip product berkualitas rendah dalam periode panjang dapat menyebabkan pigmentasi pada bibir. Jangan lupa juga untuk cek expire datenya ya!

Sebagai tambahan, pastikan juga kamu untuk menyeleksi produk kosmetik agar terbebas dari timbal. Timbal memiliki efek buruk bagi tubuh, salah satunya dapat merusak ginjal dan sistem saraf. Gak cuma itu, kamu juga perlu menghindari merkuri. Menghirup merkuri dapat menimbulkan gangguan neurologis dan bahaya kesehatan lainnya, termasuk kesehatan bibir.

✨Lip stain

Bad habit seperti malas untuk menghapus make up – dalam hal ini, lipstick – menjadi alasan dari perubahan warna bibir. Karena kulit bibir super sensitif, jika kita tidur tanpa menghapus riasan bibir, noda dan residu yang tersisa dan menempel pada bibir dapat menggelapkan warna bibir.

Terlepas dari faktor internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi warna bibir, penting bagi kita untuk selalu menutrisi dan menjaga kesehatan bibir. Kamu bisa baca beberapa produk yang dapat melembabkan bibir disini.

References:

  1. Dones, Nalyne. 2018. “Cause of Dark Lips.” Medium (@nalynedones)
  2. Fitness Health Forever. 2019. “The problem of dark lips.” Fitness Health Forever
  3. Kadu, M., et al. 2015. “Review on Natural Lip Balm.” International Journal of Research in Cosmetics Science 2015, 5(1):1-7
  4. Multani, Suraj. 2013. “Interrelationship of Smoking, Lip, and Gingival Melanin Pigmentation, and Periodontal Status.” Addict Health
  5. Roberts, James. 2009. “Toxic Effects of Lead and Mercury.” Medscape
  6. Santos-Longhurst, Adrienne. 2019. “What Causes Lip Discoloration and How Do You Treat It?” Healthline
  7. Saraswat, Kriti. 2015. “This bad habit can darken your lips (and it isn’t smoking).” The Health Site
  8. Sissons, Claire. 2019. “Dark lips: Causes and home remedies for dark lips.” Medical News Today
  9. World Health Organization. 2017. “Mercury and health.” World Health Organization

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.