[Swatches & Review] Make Over Color Stick Matte Crayon

by lippielust
Published: Last Updated on 84514 views

Three different lip product releases in a year? Not a problem! At least, untuk Make Over Cosmetics.

Sekitar 6 bulan yang lalu aku nge-review produk terobosan baru dari Make Over yaitu Cliquematte Lip Stylo, lanjut dua bulan berikutnya Make Over Melted Metallic Lip Cream. Gak cukup sampai disitu, Make Over juga merilis Multifix Matte Blusher (yang sayangnya belum pernah aku coba apalagi swatch) di bulan November lalu! Make Over emang selalu gercep kalau soal racun baru ya. Nah di bulan Desember ini Make Over merilis produk dekorasi bibir terbaru namanya Color Stick Matte Crayon. Seperti apa sih produknya? Yuk dibaca lebih lanjut reviewnya.

Sebelum lanjut, in case you didn’t know, kalian bisa baca review-reviewku untuk produk Make Over lainnya disini:

Packaging

Well, nothing new. Tetap didominasi oleh warna hitam khas Make Over, dengan aksen warna-warni yang disesuaikan dengan warna-warna actual product-nya sendiri. Mungkin kalau dimirip-miripin, gaya desainnya mirip Make Over Cliquematte Lip Stylo, hanya jelas lebih chubby karena sesuai produknya yang berbentuk krayon.

Tapi berbeda dengan Cliquematte, Color Stick Matte Crayon ini punya detail nama-nama shade yang lebih jelas karena penempatannya ada di depan dan dibuat warna-warni pula, sebelahan sama logo. Selain itu, tutup lip crayon-nya pun dibuat senada sesuai dengan warna di dalamnya.

Karena Cliquematte memiliki bentuk yang lebih panjang dan ramping, maka nama-nama shade ditempatkan di bagian belakang. Warna-warna produknya dipresentasikan melalui garis tipis di bagian leher produk.

Lalu apa bedanya Cliquematte dan Color Stick Matte Crayon? Yang jelas walaupun terasa mirip, kedua produk ini berbeda. Yang terlihat jelas adalah container lipstiknya: Cliquematte berbentuk ‘clicker / pusher‘ jadi kamu harus klik dulu untuk mengeluarkan produknya. Sayangnya, ketika produk udah dikeluarkan maka gak ada cara untuk masukinnya lagi. 😀 Sedangkan Color Stick Matte Crayon berbentuk retractable crayon, jadi tinggal diputar aja untuk mengeluarkan dan memasukkan kembali produknya!

Ingredients

Isononyl Isononanoate, Ethylene/Propylene Copolymer, Silica, Hydrogenated Polycyclopentadiene, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Barium Sulfate, Rosin, Polyethylene, Aluminum Hydroxide, Copernicia Cerifera (Carnauba) Wax, Polyhydroxystearic Acid, Triethoxycaprylylsilane, Tocopherol, BHT.

Quick Product Notes:

Paraben-free, Alcohol-free, Silicone-free, Sulfate-Free, dan EU Allergen-free. Salah satu kandungan terbaiknya adalah Tocopherol (Vitamin E) yang sangat baik untuk anti-aging dan mengembalikan vitalitas kulit yang kering.

Formula

Color Stick Matte Crayon memiliki formula yang creamy dan bisa sangat mudah dibaur dengan menggunakan jari jika kamu lebih memilih lip style yang terlihat lebih natural. Walaupun begitu, produk ini bisa dibilang memiliki warna yang sangat intens dengan hasil akhir matte. Karena memiliki crayon-like tip, maka akan terasa lebih mudah ketika kita pengen framing / lining bibir. Sayangnya, ketika ujung krayonnya sudah mulai aus, akan lebih sulit untuk melakukan hal ini. Jadi saranku sih lebih baik aplikasikan dengan memiringkan produk supaya ujung krayon tetap ‘lancip’.

APA BEDANYA COLOR STICK MATTE CRAYON DENGAN CLIQUEMATTE LIP STYLO?

Just in case you’re wondering, aku udah rangkum perbedaan kedua produk ini di tabel dibawah.

Color Stick Matte Crayon Cliquematte Lip Stylo
 Retractable crayon Clicker / Pusher Style
Intense color less intense color
highly pigmented in a single stroke buildable pigmentation
Matte Comfortable Matte
Easy to create firmer lip lines Good for more soft focus lips look
Good for full lips look Good for Ombre / lighter application

Selain itu, Color Stick Matte Crayon memiliki wangi samar seperti krayon yang sama sekali gak mengganggu. Sedangkan Cliquematte Lip Stylo gak memiliki bau sama sekali.

Untuk performanya, Color Stick Matte Crayon bisa tahan seharian dengan catatan produk akan luntur seiring dengan berjalannya waktu ya. My point is… warnanya udah gak akan keliatan intens lagi setelah sekian lama dipakai. Lama-lama warnanya akan semakin terlihat natural and I kinda like that. Karena produk ini setipe seperti lipstik biasa maka udah pasti gak akan transferproof.

Oh ya, produk ini bisa ‘rontok’ gak di bibir? Biasanya kan lip crayon itu kalau matte bakalan terasa lebih kasar di bibir dan rontok kalau terlalu lama di pakai. I’m proud to say, enggak! Produk ini super nyaman dipakai mau tipis-tipis aja ataupun full, dan warnanya akan membaur sempurna di permukaan bibir. Teksturnya ketika udah ada di bibir pun terasa ringan walaupun emang gak se-ringan Cliquematte, dan terasa lembut powdery ketika disentuh.

Staying Power

Nah, untuk staying powernya kira-kira gimana? Tahan lama gak? Sebenernya warnanya yang intens-lah yang paling banyak berperan dalam ketahanan produk ini. Seperti yang aku bilang sebelumnya, warnanya akan sangat intens ketika pertama kali diaplikasikan dan lama kelamaan akan semakin terlihat natural di bibir, seiring dengan berjalannya waktu dan aktivitas kalian. Jika dipakai makan, warnanya jelas akan luntur tapi sepengalamanku sih lunturnya masih oke lah. Bukan luntur yang bikin bolong di tengah-tengah bibir 😉

Daya tahannya sendiri aku rasa sekitar 6-8 jam, tergantung warna yang kalian pakai. Warna yang lebih gelap seperti Brooklyn dan Blake akan stay lebih lama karena pigmen warnanya pun lebih pekat. 🙂

Shades

  • 101 BROOKLYN | medium-toned brownish-pink, warnanya pink kecoklatan
  • 102 IRIS | soft pink, warna pink yang gak terlalu gelap tapi gak terang juga
  • 103 HARPER | warm peachy nude, warna nude dengan hint peach (pink+orange)
  • 104 BLAKE | neutral brown, warna coklat
  • 105 SKYE | nude brown, warna nude kecoklatan

I really recommend all of these colors! Warna favoritku adalah Brooklyn dan Iris! Aku rekomendasikan kedua warna ini untuk kalian para pecinta pink lipsticks. Khusus untuk warna SKYE, aku gak menyarankan untuk kalian yang memiliki hyperpigmented lips alias warna bibir yang lebih gelap karena warnanya akan terlihat patchy.

Where to Buy

Make Over Indonesia | IDR 99,000,-

Swatches

Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

1 comment

Nizmi Nasution January 31, 2019 - 9:35 am

Warna Blake kira2 cocok buat kulit sawo matang dan bibir gelap gak yaa kak??

Reply

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.