[Review & Swatches] Emina Cosmetics Poppin’ Matte

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 697 views

Kamu pernah enggak sih dengerin lagu yang bikin kamu merasa muda, fresh. dan adventurous? Nah ini nih yang aku rasain pas pertama kali melihat dan mencoba Emina Poppin’ Matte, lip cream baru dari brand lokal kesayangan para pemuda-pemudi, Emina! 

Setelah selama ini kita menikmati kejenuhan stay-at-home gara-gara pandemi, menurutku, kita butuh sesuatu yang menyegarkan, salah satunya ya dari make-up. Kita butuh make-up  yang cerah, bold, dan asik untuk meningkatkan mood. Bener nggak? This is where Emina Poppin’ Matte comes to our rescue.

Dari segi desain kemasan dan shade-shade yang ditawarkan produk baru ini, yang bisa aku katakan adalah: “this product is, to be honest, lowkey snatched, game on, and easy peasy on the eyes and lips”. See what I did there with the shade names? 

Udah enggak sabar nih buat bahas lebih lanjut. Yuk langsung aja kita bedah lip cream Emina Poppin’ Matte!

TL;DR

Product Name Emina Poppin’ Matte
Produced By PT Paragon Technology and Innovation
Price / Net. Weight Rp 48.000 / 4.5g
  • Transferproof
  • Nonsticky
  • Lightweight
  • Longlasting (7am to 7pm)

Desain kemasan: colorful, cute, dan retro.

Lip cream tube: bentuknya sama seperti tube lip cream pada umumnya; minimalis.

Semua klaim dari Emina untuk Poppin’ Matte dapat didukung faktanya dengan adanya kandungan-kandungan tertentu.

  • Warnanya retro: bright dan deep.
  • Formula: terasa dewasa, cocok untuk individu yang sibuk (butuh minim touchup).
  • Disarankan untuk exfoliate dan gunakan lip balm sebelum aplikasi produk (produk ini cukup mengaksentuasi bibir pecah).
  • Pengaplikasian mudah dan merata di bibir.
  • Max. 2 menit untuk kering sempurna di bibir.
  • Daya tahan paling bagus di antara produk matte lip cream Emina lainnya (tapi enggak stain).
  • 01 Lowkey
  • 02 To Be Honest
  • 03 Game On
  • 04 Snatched
  • 05 Easy Peasy

Emina Poppin’ Matte Lip Cream is Allergen-Free, Alcohol-Free, Gluten-Free, Silicone-Free, Sulfate-Free, Paraben-Free, PEG-Free, Fungal Acne Feeding Component-Free.

Emina Poppin’ Matte Lip Cream contains:

  1. Comedogenic Components: Tocopherol
  2. Fragrance: Fragrance

Emina Poppin’ Matte Lip Cream is BPOM and HALAL certified.

✨ Product Overview

Product Name Emina Poppin’ Matte
Produced By PT Paragon Technology and Innovation
Price / Net. Weight Rp 48.000 / 4.5g
SHOP THIS PRODUCT
SHOPEE TOKOPEDIA LAZADA

✨Claims and Benefits

  • Transferproof
  • Nonsticky
  • Lightweight
  • Longlasting (7am to 7pm)

✨Packaging

Desain kemasan dari Emina Poppin’ Matte ini sesuai dengan namanya; it’s poppin’, colorful, cute, dan ada kesan retro-nya kalau kita perhatikan aksen-aksennya; ada bubble speech, jagged bubble speech, dan grafik-grafik imut lainnya. Warna yang digunakan dan perpaduannya juga bold dan lumayan nabrak loh (tapi tetap asik buat dilihat):

  • 01 Lowkey: warna dominan kemasan box-nya adalah Hot Pink dengan aksen-aksen berwarna Aqua Blue dan Nude Peach
  • 02 To Be Honest: warna dominan kemasan box-nya adalah Fire Yellow dengan aksen-aksen berwarna Royal Blue dan Pink Dusk.
  • 03 Game On: warna dominan kemasan box-nya adalah Emerald Green dengan aksen-aksen berwarna Hot Coral dan Tropical Violet.
  • 04 Snatched: warna dominan kemasan box-nya adalah Aqua Blue dengan aksen-aksen berwarna Yellow Illuminating dan Fire Brick.
  • 05 Easy Peasy: warna dominan kemasan box-nya adalah Flamingo Pink dengan aksen-aksen berwarna Light Green dan Rosewood Red.

Sebenernya, warna tulisan “POPPIN’” di bagian depan box atau warna bubble speech yang isinya ada nomor dan nama shade (di bagian samping kanan) itu adalah warna shade yang ada di dalam. Tapi, walaupun tujuan awalnya itu untuk memperlihatkan warna tanpa harus membuka kemasan, tetep aja ya ternyata warna si formulasinya itu sendiri berbeda saat diaplikasikan ke kulit/bibir dibandingkan dengan yang diperlihatkan di box tersebut. Karena itu, kamu tetap harus coba-coba swatch sendiri ke tangan atau lihat swatches dari Lippielust untuk melihat warna sebenarnya setiap shade pada kulit/bibir supaya enggak salah pilih.

Nah itu tadi kita bahas kemasan box-nya. Sekarang kita bahas tube-nya. 

Bentuk dari tube lip cream ini sebenernya enggak ada yang spesial ya, karena ya bentuknya sama aja seperti tube lip cream pada umumnya. Desainnya juga minimalis, cuma ada tulisan “Poppin’ Matte”, “Emina”, dan logo Emina berwarna putih. Warna tubenya itu sendiri adalah warna shade yang ada di dalam, or that’s what they intended to do, karena cuma tube shade 04 dan 05 yang warnanya itu ngikutin warna formulasinya. The rest? Not so similar.

Untuk applicator wand, bentuknya itu lurus dan pipih. Sebenarnya, lebih mudah kalau pakai yang bentuknya angled karena bisa membuat pengaplikasian produk lebih presisi, but it’s not that big of a deal karena meskipun lurus dan pipih, aplikator Emina Poppin’ Matte ini cukup fleksibel jadi bisa ‘hugging’ sehingga proses perataan warna di bibir bisa dilakukan dengan mudah.

✨The Product and The Formula Itself

Let’s become scientists and dive into whether the claims are backed up by the ingredients or not. 

So, setelah aku telaah ingredient list yang ada di box Emina Poppin’ Matte, aku menemukan Cyclohexasiloxane dan Trisiloxane. Kedua kandungan tersebut bekerja sama untuk membuat formulasi terasa ringan dan kering (tapi tetap lembut) di bibir a.k.a lightweight

Kandungan yang sama seperti diatas sekaligus membuat produk ini menjadi non-sticky (enggak lengket) karena produk ini enggak mengandung/menyebabkan minyak berlebih. Kamu tau kan ya biasanya yang bikin produk nempel-nempel itu ya minyak yang berlebih karena hal itu akan merusak formulasi dan membuatnya “meleber” atau “lumer” kemana-mana, juga bisa menghambat proses pengeringan formulasi pada bibir yang lalu bisa membuat formulasi jadi enggak stay-on

Setelah itu, aku nemuin kandungan Trimethylsiloxysilicate yang bisa membuat produk menjadi tahan lama di bibir (kalau menurut Emina, up to 12 hours. Ya, kita lihat saja di The Review). 

So, dari kandungan-kandungan yang aku temukan di produk ini, sudah bisa di-backup ya semua klaim dari Emina-nya: transferproof, non-sticky, lightweight, dan longlasting.

✨The Review

Bukan Emina namanya kalau gak bernuansa youth, lively, and fun. Dari semua produk lippies Emina, kayaknya enggak ada deh yang desainnya gagal. Favoritku masih Emina Squeeze Me Up Series kalau soal packaging, karena produk satu ini benar-benar terasa handy dan berfitur lengkap: travel-friendly, udah ada aplikatornya, dan enggak terasa berat jika dibawa-bawa.

Sekarang ada Emina Poppin’ Matte, transferproof matte lip cream pertamanya Emina dengan desain terinspirasi dari era Retro, dimana era ini berlangsung cukup lama (1960-1990an) sehingga baik dari segi desain maupun tren, era retro termasuk era yang sangat kaya  dan bervariasi.

Kalau dilihat dari desain packaging, aku anggap Emina terinspirasi dari desain retro pop art dimana desain ini booming di tahun 1960-an. Juga retro vibe ini terasa kuat di pemilihan shade-nya, dimana warna yang dipilih adalah warna-warna bright dan dua warna deep yang unik.

Dari segi formula, Emina Poppin’ Matte terasa lebih ‘dewasa’ dibandingkan produk-produk Emina lainnya, produk ini sangat cocok untuk dipakai ketika sibuk beraktivitas dan membutuhkan minimal touch up. Dengan kemampuan transferproof dan mask-proof, Emina Poppin’ Matte bisa tahan sampai 12 jam dengan minor fading tentunya. Meskipun begitu, aku sangat menyarankan untuk exfoliate serta apply lip balm 15-30 menit sebelum penggunaan agar tampilan bibir lebih mulus dan enggak ada kulit bibir kering yang tertinggal karena produk ini cukup mengaksentuasi bibir yang pecah-pecah.

Emina Poppin’ Matte juga punya aplikator yang flat dan fleksibel sehingga memudahkan kita dalam mengaplikasikan produk secara merata di bibir. Ia juga punya quick-set formula dimana kamu cuma butuh waktu maksimal 2 menit untuk bisa kering sempurna jadi transferproof matte.

Untuk daya tahan, aku angkat jempol sih. Menurutku Emina Poppin’ Matte ini punya daya tahan yang paling bagus jika dibandingkan dengan produk matte lip cream Emina lainnya. Tapi jika dibandingkan dengan produk matte lip cream Emina yang staining, jelas Emina Poppin’ Matte enggak bisa stay sebagus itu karena produk ini enggak staining sama sekali.

✨Comparison with Other Emina Matte Lip Creams

Kalau dibandingin sama produk-produk matte lip cream Emina lainnya, kayaknya seperti ini deh urutan transferproof ke non-transferproofnya:

  1. Emina Poppin’ Matte
  2. Emina Creamatte
  3. Emina Creamy Tint
  4. Emina Lip Cushion
  5. Emina Squeeze Me Up

Emina Poppin’ Matte benar-benar transferproof, dimana produk enggak akan menempel sama sekali jika diusap dengan menggunakan jari. Di level di bawahnya, warna Emina Creamatte masih bisa bergeser tapi mayoritas warnanya udah bisa settle di kulit. Intensitas transfer-nya semakin naik sesuai nomor di atas, sehingga udah bisa dipastikan kalau Emina Squeeze Me Up Lip Matte terasa lebih mudah transfer walaupun masih ada warna yang menempel di kulit.

Nah, kalau membandingkan thickness / kekentalan produk, kurang lebih seperti ini perbandingannya:

  1. Emina Creamy Tint
  2. Emina Squeeze Me Up Lip Matte
  3. Emina Creamatte
  4. Emina Lip Cushion
  5. Emina Poppin’ Matte

Jadi seperti yang bisa kamu lihat, Emina Creamy Tint adalah matte lip cream dari Emina yang paling kental teksturnya sedangkan Emina Poppin’ Matte yang paling ‘tidak terlalu kental’. Well, gak bisa juga dikatakan ‘cair’ karena IMO dari kelima produk ini enggak ada yang cair / liquid-y.

✨Shades and Description

Nama-nama shade dari Emina Poppin’ Matte ini bahasanya anak muda banget ya, mengikuti tema dari produk ini. Apa aja shade itu? Kita intip list-nya di bawah ini:

✨Ingredients

Ingredients

Isododecane, Cyclohexasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Bis-Hydroxylauryl Dimethicone/IPDI Copolymer, Trisiloxane, Diisostearyl Malate, Hydrated Silica, Disteardimonium Hectorite, Silica Dimethyl Silylate, Propylene Carbonate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Tocopheryl Acetate, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Fragrance, Tocopherol. 

May contain: CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 15850:2, CI 15850:1, CI 15850, CI 77499.

Emina Poppin’ Matte Lip Cream is Allergen-Free, Alcohol-Free, Gluten-Free, Silicone-Free, Sulfate-Free, Paraben-Free, PEG-Free, Fungal Acne Feeding Component-Free.

Emina Poppin’ Matte Lip Cream contains:

  1. Comedogenic Components: Tocopherol
  2. Fragrance: Fragrance

Good Things Inside:

  • Moisturising: Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, CI 77492, CI 77491, CI 77499
  • Softening: Diisostearyl Malate, Ethylhexylglycerin, Tocopheryl Acetate
  • Soothing: Aluminum Hydroxide 
  • Anti-aging: Tocopheryl Acetate, Tocopherol 
  • Antioxidant: Tocopheryl Acetate, Tocopherol 
  • Antiseptic: Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin
  • UV Protection: CI 77891

Hero Ingredients:

  • Tocopherol (Vitamin E)

Tocopherol adalah suatu bentuk Vitamin E yang berperan sebagai antioxidant, pelindung kulit dari radikal bebas yang dapat merusak kolagen.

Emina Poppin’ Matte Lip Cream is BPOM and HALAL certified.

✨ Swatches

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LIPPIELUST (@lippielust)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LIPPIELUST (@lippielust)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LIPPIELUST (@lippielust)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LIPPIELUST (@lippielust)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LIPPIELUST (@lippielust)

✨ Lippierating

So, itu dia bahasan tentang Emina Poppin’ Matte. Setelah baca review ini, kamu tertarik buat nyoba dong yaa? Biar enggak penasaran, ayo pilih salah satu warna dari swatches Lippielust and head over to the nearest cosmetics store!

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.